Senin, 25 Januari 2021
Dany Garjito | Praba Mustika : Jum'at, 22 Februari 2019 | 12:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Sebagai produsen mobil supersports, McLaren tentu punya acuan sendiri terkait dengan performa. Setiap hal harus dibuat secara apik dan matang. Seperti produk baru mereka, McLaren 600LT yang menggunakan desain knalpot yang mengarah ke atas atau juga disebut sebagai top-exit exhaust. Karena knalpot tersebut tak cuma jadi saluran pembuangan, knalpot McLaren 600LT ini punya banyak manfaat.

Seperti dilansir dari Road and Track, dan dijelaskan oleh Jason Fenske di saluran YouTube Engineering Explained, knalpot top-exit exhaust di McLaren 600LT punya segudang manfaat yang berpengaruh ke performa mobil.

Dibanding mobil McLaren yang lain, terutama McLaren 570T, McLaren 600LT juga lebih ramah untuk pejalan kaki karena knalpot yang mengarah ke atas.

Knalpot Top-Exit McLaren, Punya Banyak Manfaat. (Road And Track)

Lebih dari itu, knalpot top-exit exhaust di McLaren 600LT ini juga bermanfaat untuk meningkatkan performa mobil. Alasan pertama, karena knalpot ini tidak menggunakan terlalu banyak pipa.

Berkurangnya penggunaan pipa knalpot, berarti meringankan bobot di bumper belakang yang bisa memaksimakan saluran udara, sehingga bisa memaksimalkan downforce.

Knalpot yang mengarah ke atas di McLaren 600LT juga tidak memengaruhi kinerja sayap di bagian belakang (tengah), lho. Menurut insinyur McLaren, downforce, paling besar terjadi pada kedua sisi sayap, bukan di bagian tengah.

Bukan hanya soal estetika desain atau agar terlihat tidak mainstream, knalpot McLaren dengan model top-exit exhaust ini punya banyak manfaat, khususnya untuk mobil supersports seperti McLaren.

BACA SELANJUTNYA

Waduh, Kepala Remaja Ini Tersangkut di Knalpot Mobil