Rabu, 05 Agustus 2020
Agung Pratnyawan | Praba Mustika : Kamis, 31 Januari 2019 | 09:45 WIB

Mobimoto.com - Fitur keyless pada sepeda motor maupun mobil memang cukup menjadi primadona, karena kemudahan yang ditawarkan. Diklaim, motor atau mobil tanpa kunci alias keyless lebih aman dibandingkan mobil yang menggunakan kunci kontak konvensional. Meski bisa menekan angka pencurian mobil, namun fitur keyless ternyata masih bisa dibobol oleh tangan jahil.

Yang lebih mengejutkan lagi, kemudahan mengakses mobil melalui remot keyless, juga memudahkan para komplotan maling mengakses mobil. Singkatnya, remot keyless yang memanfaatkan sinyal untuk mengakses mobil bisa dicari untuk membobol mobil.

Melansir Carscoops, dengan menggunakan alat bernama relay box yang berfungsi untuk menguatkan sinyal, komplotan maling bisa mengakses mobil, meskipun anak kunci berada di luar jangkauan.

Ilustrasi Remote Keyless di Mobil Range Rover Sport. (YouTube)

ADAC (German General Automobile Club) menemukan bahwa 230 dari 237 remot mobil dengan keyless bisa diakali dengan lebih mudah.

Selain itu, merek mobil pun menentukan seberapa aman fitur keyless tersebut. Sebut saja Ford Fiesta, VW Golf, Nissan Qashaqi dan Ford Focus, dianggap lebih rentan karena lebih mudah mengakali fitur keyless-nya.

Menurut penelitian di Inggris dan Wales, malah memunculkan angka 18 detik untuk mencuri mobil dengan fitur keyless.

Tapi, Sob. Kalau kamu punya mobil produksi Jaguar Land Rover, kamu bisa lebih agak tenang. Seperti Land Rover Discovery, Range Rover dan Jaguar i-PACE.

Jajaran mobil produksi Jaguar Land Rover, menggunakan Ultra-Wide Band (UWB) yang bisa meningkatkan akurasi remot kunci keyless, bukan berdasarkan jarak.

Lain dengan Jaguar Land Rover, mobil produksi Mercedes-Benz dan BMW juga menambahkan fitur keamanan ekstra, dengan sensor gerak dan remot kunci keyless yang didesain secara spesifik.

Nah, sekadar berjaga-jaga dari tindak pencurian mobil yang telah menggunakan fitur keyless, kamu bisa coba cara sederhana ini, Sob. Saat mobil sudah diparkirkan, pastikan remot keyless yang kamu bawa itu disimpan di sebuah kotak dengan bahan metal, untuk memblokir sinyal.

Tidak perlu khawatir berlebihan ya, Sob. Cukup tingkatkan kewaspadaan agar motor atau mobil kamu aman dari tangan-tangan jahil.

BACA SELANJUTNYA

Begini Jadinya jika RX-King Dijadikan Motor Elektrik, Nggak Bisa Digeber?