Sabtu, 20 April 2024
Galih Priatmojo | Cesar Uji Tawakal : Minggu, 13 Januari 2019 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Ketika produksi mobil nasional masih jadi wacana di Indonesia, Israel ternyata pernah memproduksi mobil sendiri. Bahkan mereka juga meluncurkan mobil sport pada tahun 1957.

Mobil ini bernama Sabra Sport GT. Bukan dari 0, ternyata mobil ini dikembangkan dengan bodi serat kaca dari Ashley 1172 dan sasis yang dikembangkan oleh Leslie Ballamy. Untuk perkara mekanis alias mesin dan kawan-kawan, mobil ini menggunakan piranti dari Ford Inggris, Anglia yang memiliki kapasitas mesin 1700 cc dengan jumlah silinder sejumlah empat buah.

Sabra Sport GT, mobil sport buatan Israel. (silodrome.com)

Mobil ini'ditelurkan' oleh Autocars yang sebelumnya bekerja sama dengan perusahaan asal Inggris bernama Reliant. Perusahaan inilah yang menagnani proses perakitan komponen hingga jadi, sambil menunggu pabrik aslinya di Israel selesai dibangun.

Ternyata pembangunan pabriknya lambat, sehingga sebanyak 144 unit dari mobil ini diproduksi oleh Reliant, dan dijual ke Amerika atas nama Autocars Co. Ltd.

Namun dikutip dari Silodrome, mobil ini penjualannya sangat lambat karena performa mesinnya yang kurang dan desainnya yang tergolong aneh. Mobil inipun mendapat upgrade mesin pada tahun 1961 dan 1986, namun mobil ini tetaplah tidak bisa meraih perhatian calon konsumen, membuat mobil ini hanya berakhir menjadi 'kejanggalan sejarah'.

BACA SELANJUTNYA

Bahaya Mengintai di Balik Keterlambatan Ganti Oli Mobil