Jum'at, 29 Maret 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Rabu, 09 Januari 2019 | 17:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Mobil-mobil keluaran terbaru memang semakin canggih, khususnya teknologi keamanan mobil tersebut. Sebut saja alarm, sistem keylessimmobilizer dan mungkin masih banyak lagi. Namun bagaimana cara mengamankan kendaraan roda empat di zaman sebelum perangkat-perangkat di atas populer?

Alat pengaman mobil era 90-an, kunci setir. (Facebook/Feri Yulinanto)

Bagi para pengemudi alias sopir-sopir mobil era 90-an pasti tau alat ini. 'Tongkat sakti' atau alat yang memiliki istilah familiar 'kunci setir', merupakan alat andalan para pengguna mobil era 90-an.

Konsep kerja dari alat ini adalah mencegah diputarnya kemudi, walaupun banyak versi dan variasi dari alat ini. Pemasangan alat ini tentu membuat para pencuri berpikir dua kali jika hendak mencuri mobil yang terpasang alat ini. Walaupun alat ini tidak bisa menggaransi keamanan perangkat lainnya, misal Tape atau perangkat audio, dan lain-lain.

Alat pengaman mobil era 90-an, kunci setir. (Facebook/Feri Yulinanto)

Tapi setidaknya mobil anda aman, daripada ikut digondol berikut perangkat audionya? Nyeselnya bisa lipat ganda. Namun alat ini mulai ditinggalkan sekarang, karena mobil-mobil terkini sudah dilengkapi dengan teknologi-teknologi yang sudah disebutkan di atas.

Atau barang kali masih ada pengguna dari alat ini sekarang? Khususnya para pemilik mobil-mobil tua?

BACA SELANJUTNYA

Tekanan Angin Ban Mobil: Jangan Diabaikan, Efeknya Ngeri!