Selasa, 23 April 2024
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Jum'at, 07 Desember 2018 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Mendengar kata Vespa pasti ingatan kita akan tertuju pada skuter roda dua yang cukup legendaris dan memiliki bodi yang nyentrik. Tapi belum banyak yang tahu, jika perusahaan asalnya juga memproduksi mobil bermerek Vespa 400.

Perusahaan Piaggio di Italia menciptakan Vespa 400 sebagai microcar atau city car antara tahun 1957-1964. Karena proyek langka, perusahaan kemudian menggandeng Ateliers de Construction de Motorcycles et Automobiles (ACMA) dari Perancis.

Pada masa produksinya, Piaggio meluncurkan Vespa 400 dalam dua versi, Lusso dan Turismo. Mobil perkotaan itu pun sempat berjaya di masanya, dibuktikan dengan penjualan yang tembus 12.000 unit.

Tapi keadaan kemudian berbanding terbalik setelah dua tahun berselang. Penjualan menurun drastis dan anjlok, bahkan di tahun keempat perusahaan menyerah dan tidak memproduksi Vespa 400 lagi.

Meski tidak berjaya, sejatinya jeroan Vespa 400 cukup bisa diandalkan di tahun 50-an. Mobil itu bekerja dengan mesin dua silinder, dua tak dan berpendingin udara.

Vespa 400, mobil produksi Piaggio. (Italianways.com)

Selain itu untuk performa, tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 13 kW dan memiliki kecepatan maksimal 90km/jam.

Sementara itu untuk masalah pasaran, perusahaan sengaja membedakannya. Untuk pasar Eropa, mesin yang ditawarkan berjenis transmisi manual tiga percepatan sedangkan untuk pasar Amerika transmisi manual empat percepatan.

Vespa 400, mobil produksi Piaggio. (Italianways.com)

Menawarkan desain plus jeroan yang unik serta menjadi anggota mobil klasik, Vespa 400 yang dijual beberapa tahun belakang dibanderol dengan harga yang fantastis 40.000 USD atau sekitar Rp 550 jutaan.

Mantap banget kan Sob?

BACA SELANJUTNYA

Vespa Atta Halilintar Tampil Gahar Pasca Dibawa ke Scooter VIP