Jum'at, 29 Maret 2024
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Minggu, 25 November 2018 | 14:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Sebagai pengguna mobil atau motor, pernah nggak kamu membayangkan kenapa sih ban itu berwarna hitam? Kenapa tidak warna putih atau warna lainnya? Nggak sekadar asal menggunakan warna hitam, tapi ternyata ada alasannya, lho.

Teknologi ban modern, bermula sejak Ford Model T pertama kali diluncurkan, yaitu pada 1908. Disebut ban modern, karena ada beberapa perbedaan dengan jenis ban sebelumnya seperti ukuran, bahan pembuat, struktur ban hingga warna ban.

Karena memang awalnya ban mobil itu punya warna putih, lho. Coba deh, lihat beberapa Ford Model T, masih ada yang menggunakan ban berwarna putih.

Usut punya usut, kenapa zaman dahulu ban punya warna putih karena itulah warna alami dari karet, bahan pembentuk ban, seperti dilansir Jalopnik.

Ford Model T Lansiran Tahun 1918 yang Menggunakan Ban Berwarna Putih. (American Dream Cars)

Sedangkan dalam perkembangannya, ban menjadi berwarna hitam karena penggunaan materiel karbon (Carbon Black) yang dicampurkan pada bahan karet. Inovasi ini terjadi sekitar tahun 1917.

Ternyata, penggunaan warna hitam itu bertujuan untuk meningkatkan ketahanan ban saat digunakan, Sob.

Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh Jack Koenig, seorang ahli kimia dalam bukunya yang berjudul 'Spectroscopy of Polymers'. Dalam buku tersebut dikatakan bahwa ban tanpa campuran carbon black hanya bertahan hingga jarak 8.000 kilometer.

Sedangkan dalam masa pakai ban selama satu tahun, setidaknya mobil akan digunakan untuk bepergian hingga jarak di atas 20.000 kilometer.

Ilustrasi Ban Mobil. (pixabay.com)

Selain itu, Michelin, sebagai produsen ban terkemuka di dunia juga mengatakan kalau komposisi carbon black dalam pembuatan sebuah ban, sekitar 15 sampai 30 persen. Gunanya, agar ban lebih tahan lama dan warna hitam juga dianggap lebih mampu tahan terhadap sinar ultraviolet. Warna hitam juga meningkatkan daya cengkeram dan pengendalian, lho.

Ternyata pemilihan warna hitam pada ban itu ada maksudnya ya, Sob. Sekarang kamu jadi tahu, kan?

BACA SELANJUTNYA

Belum Banyak yang Tahu, Manfaat Rutin Cek Tekanan Angin pada Ban Mobil