Jum'at, 21 Juni 2019
Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal : Selasa, 20 November 2018 | 08:15 WIB

Mobimoto.com - Mobil LCGC diprediksi secara perlahan akan 'mengikis' dominasi dari mobil LMPV paling populer, siapa lagi kalau bukan duet Avanza-Xenia. Harga yang lebih murah namun fungsi tidak kalah, menjadi faktor utama bagi seseorang untuk memutuskan 'memboyong' mobil LCGC ke rumah.

Melihat hal ini, menarik untuk membandingkan mobil LCGC yang satu segmen dengan Avanza-Xenia. Mereka adah 'saudara beda kasta', Calya-Sigra. Keempat mobil ini patut dibandingkan karena mereka sama-sama mobil keluarga. Ke empat-empatnya juga dibuat oleh perusahaan yang sama, yakni duet Toyota-Daihatsu.

Maka dari itu, selain dari sisi penjualan yang mana duet Avanza-Xenia 'unggul tipis' dari Calya-Sigra, menarik untuk melihat dari mobil 'beda kasta' ini, siapa sih yang lebih aman?

Menurut data hasil tes tabrak yang dirilis oleh ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for South East Asia) (19/11), mobil mana yang paling aman menurut hasil uji tabrak? Berikut ulasannya.

Uji tabrak Sigra. (aseancap.org)

Mulai dari Toyota Avanza, mobil yang memiliki gelar 'mobil sejuta umat' ini mendapatkan 4/5 bintang untuk keselamatan penumpang dewasa (AOP) dan 2/5 bintang untuk keselamatan penumpang anak-anak (COP). Sementara itu, Daihatsu Xenia memperoleh hasil serupa dengan Avanza, yakni 4 bintang AOP dan 2 bintang COP. Sebagai catatan, hasil ini merupakan hasil uji Avanza-Xenia model tahun 2013.

Beralih ke duo LCGC 7 seater, di luar dugaan, walaupun lebih murah ternyata Toyota Calya berhasil meraih 4 bintang baik pada AOP dan COP. Hasil ini diperoleh Toyota Calya yang memiliki 2 air bag. Lalu Daihatsu Sigra yang memiliki 2 air bag berhasil memperoleh 4 bintang AOP namun hanya 2 bintang COP, tidak berbeda jauh dengan Avanza-Xenia. Namun untuk Sigra versi tanpa air bag, mobil ini hanya mampu meraih 1 bintang AOP dan 2 bintang COP.

Jadi, walaupun lebih murah ternyata mobil LCGC tidak bisa dipandang sebelah mata kalau dilihat dari sisi keamanan. Bahkan dua mobil ini mampu mengimbangi Avanza-Xenia yang notabene lebih mahal.