Minggu, 18 Agustus 2019
Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal : Minggu, 18 November 2018 | 11:45 WIB

Mobimoto.com - Mobil kelarga merupakan segmen mobil yang selalu diminati, apalagi oleh keluarga baru yang sedang mendambakan mobil pertama untuk wira-wiri sanak famili. Dari beragam produsen mobil, menarik untuk menyimak sepak terjang dari 'dua bersaudara' Toyota-Daihatsu.

Jika hasilnya digabung, kedua pabrikan ini merupakan salah satu produsen mobil terbesar Indonesia dengan jumlah penjualan tertinggi, khususnya pada segmen mobil keluarga alias multi purpose vehicle (MPV). Sebelumnya mereka memiliki duet maut, Avanza-Xenia yang menjadi 'mobil sejuta umat', paling laris di segmen ini.

Namun saat ini, muncul segmen mobil entry level LCGC di mana kedua pabrikan ini juga mengeluarkan mobil keluarga berkapasitas 7 penumpang yang murah, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Lebih murah  dari Avanza-Xenia, mapukah duet LCGC 7 seater ini mengungguli 'saudara beda kasta' mereka di bulan Oktober? Berikut angka penjualannya.

Daihatsu Sigra

Dilansir dari data penjualan Gaikindo (18/11), pada bulan Oktober tahun ini Toyota Avanza berhasil terjual sebanyak 9356 unit sementara itu Daihatsu Xenia berhasil terjual dengan jumlah 2754.

Sementara itu di segmen MPV LCGC, Toyota Calya berhasil terjual sebanyak 5073 unit, lalu Daihatsu Sigra berhasil terjual sebanyak 5337 unit.

Jika dijumlahkan, maka penjualan Avanza-Xenia mencapai 12110 unit, unggul dua ribuan unit dari Calya-Sigra yang terjual 10410 unit bulan ini.

Walaupun lebih murah, ternyata duet LCGC 7 seater Calya-Sigra belum berhasil mengungguli penjualan Avanza-Xenia yang telah hadir 15 tahun lebih awal.