Kamis, 25 April 2024
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Rabu, 31 Oktober 2018 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 pada Senin (29/10) lalu masih meninggalkan sejuta pertanyaan dalam benak masyarakat Indonesiaa. Selain masih banyak korban yang masih belum ditemukan, kotak hitam (black box) juga misterius keberadannya.

Black box merupakan alat perekam data penerbangan yang fungsinya begitu penting. Dengan alat tersebut kita bisa mengetahui isi pembicaraan pilot dan pemandu lalu lintas udara.

Namun bagitu, belum banyak yang tahu jika black box ada juga di dalam mobil khususnya yang dipasarkan di Amerika Serikat sejak beberapa tahun lalu.

Fungsi black box dalam mobil ditunjukkan oleh seroang pria bernama Timothy P. Murray mengalami kecelakaan saat menunggagi Ford Crown Victoria pada tahun 2011.

Kepolisian Massachusettes, Amaerika Serikta pun turun tangan untuk menangani insiden tersebut. Awalnya Timothy P. Murray mengaku jika ia tidak mengenakan sabuk pengaman dengan kencang.

Ilustrasi black box dalam mobil. (freepricecompare.com)

Namun fakta lain muncul dari rekaman black box mobil. Setelah ditelusuri, ternyata pengendara nahas tersebut mengemudi lebih dari 100 mil per jam dan tidak mengenakan sabuk pengaman.

Dengan kejadian tersebut, terbukti jika black box dalam mobil berfungsi mirip dengan black box pesawat.

''Black box memberikan informasi keselamatan yang penting yang tersedia untuk mengevaluasi apa yang terjadi selama kecelakaan, jadi bisa diambil langkah cepat untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah cedera,'' ungkap David L. Strickland selaku administrator agensi seperti yang dikutip dari laman bostonglobe.com.

Di Indonesia sendiri, mobil DFSK Glory memiliki fitur mirip black box bernama Vehicle Running Recorder (VRR) yang dapat merekam aktivitas mobil selama digunakan.

BACA SELANJUTNYA

Parkir Mobil Matic Aman dan Nyaman, Ini Tips Jitu Agar Transmisi Awet