Jum'at, 19 April 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Rabu, 24 Oktober 2018 | 21:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Tak cuma luar negeri, ternyata Indonesia pernah membuat mobil sport. Mobil ini pernah dibuat pada tahun '89-'90. Seperti apa ya? Bukan merek lokal, mobil ini adalah kerjasama antara perusahaan produsen mobil asal Jepang, Mitsubishi dan PT Kreasindo Tampil Mandiri.

Mitsubishi Pawma XL300. (intersport.id)

Pada mulanya, mobil ini adalah rancangan insinyur Perancis bernama Oierre Foissotte. Ingin membuat mobil balap, Foisotte melakukan pengembangan mulai dari pengujian bahan bakar hingga pengembangan mobil dengan kapasitas satu penumpang untuk Formula Renault. Ketagihan berkreasi, insinyur ini merekrut 15 orang dengan tujuan yang sama pada 1986. Bersama orang-orang tersebut, mereka mendirikan perusahaan Charade Automobile SA. Bermarkas di Clermont-Ferrand, mereka membuat mobil konsep yang diberi nama Charade Monza.

Mitsubishi Pawma XL300. (intersport.id)

Mobil prototipe ini dipamerkan di ajang Mondial de l'automobile et du transport di Perancis pada tahun 1989. Mobil ini memiliki bodi dengan bahan fiberglass yang diproduksi oleh PT Kreasindo Tampil Mandiri.

Memiliki desain dan cetakan, perusahaan yang bermarkas di Jakarta ini 'mejeng' di acara Jakarta Fair 1990. Mereka memamerkan mobil tersebut yang dipadukan dengan mesin Mitsubishi Colt L300. Mobil ini dinamai Mitsubishi Pawma XL300 atau L300GP.

Sama seperti Colt L300, mobil ini mempunyai transmisi 5 percepatan dan kubikasi mesin sebesar 1600cc. Mobil ini pada saat itu dijual dengan harga Rp.35 juta, cukup mahal pada saat itu. Keren kan?

BACA SELANJUTNYA

Tips Merawat Bodi Mobil Warna Hitam, Begini Perlakuannya