Senin, 06 Mei 2024
Angga Roni Priambodo : Jum'at, 19 Oktober 2018 | 15:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Daerah Sarang di Rembang, Jawa Tengah terkenal dengan kultur Islamnya yang kuat. Tak heran, di sana ada pondok pesantren legendaris Al Anwar asuhan ulama kharismatik Nahdlatul Ulama, Kiai Haji Maimun Zubair atau yang sering disapa Mbah Moen.

Salah satu yang unik di daerah Sarang, jalan utama Pantura sering dijadikan tempat Jumatan oleh sebagian masyarakat di sana. Menurut penuturan pengguna Facebook bernama Nabil di grup Info Sekitar Rembang (ISR), hal itu dikarenakan masjid sudah penuh oleh santri yang jumlahnya ribuan.

Salat Jumat di Sarang, Rembang. (Facebook/Hari Ithujugaharyoalias Yono)

Seorang pengguna kendaraan bernama Hari Yono pun membuktikannya sendiri, Jumat (19/10) ini. Ia yang naik bus harus rela berhenti sejenak untuk menunggu orang-orang di sekitar pondok pesantren selesai Salat Jumat di atas jalan raya.

''Dah kebiasaan dari dulu,'' tutur pengguna Facebook bernama Laras Roso.

Pendapat itu dikuatkan oleh video yang diunggah oleh akun YouTube K.H. Dahlan pada 2016 lalu. Dalam penuturannya dalam video berdurasi sekitar satu menit itu, saat Salat Jumat, semua kendaraan berhenti untuk menghormati yang jumatan di tengah jalan.

Salat Jumat di Sarang, Rembang. (YouTube/ K.H. Dahlan)

Karena sudah berlangsung lama, para pengguna kendaraan pun bisa memaklumi. Terlihat dari unggahan Hari di media sosial, beberapa kendaraan terpantau kamera berhenti untuk memberikan kesempatan umat muslim menunaikan ibadahnya.

BACA SELANJUTNYA

Aksi Polisi Stop Bus AKAP Cegah COVID-19, Warganet Malah Salah Fokus