Senin, 13 Mei 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 05 Oktober 2018 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

3. Kesebelasan Eropa! 

Ilustrasi Porsche Boxster Cabriolet. (Car And Driver)

Aliansi dari VW Grup adalah aliansi dengan anggota 'koalisi' terbanyak. Ibarat tim sepak bola, 'tim' ini terdiri dari sebelas merek yang berada di bawah panji bendera yang sama. Mereka adalah Volkswagen, Porsche, Lamborghini, Audi, Bugatti, Bentley, Seat, Skoda, MAN, Scania, bahkan produsen motor Ducati.

4. General Motors Group.

Chevrolet Corvette, salah satu mobil asal Amerika. (emichchevrolet)

Aliansi produsen mobil ini mayoritas berisi mobil Amerika, yakni Chevrolet, Cadillac, GMC, Opel, Holden, dan merk yang kita kurang familiar, Buick dan Vauxhall.

5. Duet Inggris-India .

Land Rover Defenders SVX Concept. (www.capetown.landrover.co.za)

Aliansi industri ini ditempati oleh tiga nama yang berasal dari dua negara. Yakni Tata yang merupakan merek India dan Land Rover plus Jaguar. tata sendiri mencoba masuk ke Indonesia sebagai penyedia mobil niaga.

6. Tim Italia. 

Ilustrasi Ferrari. (autoevolution.com)

Aliansi ini sepenuhnya terdiri dari produsen mobil Italia, yakni Fiat, Abarth, Alfa Romeo, Ferrari, Maserati dan merek khusus Eropa, Lancia.

Itulah enam besar aliansi industri otomotif, sebenarnya masih banyak merek besar yang belum termasuk seperti Honda dan Suzuki, namun aliansi mereka terhitung kurang berpengaruh karena hanya berisi dari tim kecil jika dibandingkan enam besar aliansi industri otomotif di atas.

BACA SELANJUTNYA

Tips Mengatasi Bunyi Pintu Bergetar pada Mobil