Kamis, 25 April 2024
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Rabu, 26 September 2018 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Masih ingatkah kalian dengan mobil mainan, saat masih anak-anak, yang cara menggunakannya adalah dikayuh mirip dengan sepeda? Karena baru-baru ini, seorang penemu dari Arab Saudi menciptakan mobil pertama yang bisa membakar kalori, karena menggunakan pedal yang dikayuh, selayaknya sepeda.

Penemu tersebut bernama Nasser Al Shawaf yang bekerja sama dengan sebuah firma di Belanda yang kemudian membuat purwarupa FitCar PPV Prototype 2, dengan menghilangkan pedal gas dan mengganti dengan pedal kayuh.

Mobil yang dimodifikasi adalah Audi A4 Avant, yang sudah menggendong mesin 2 liter turbocharger dengan girboks otomatis.

FitCar PPV Prototype 2. (carscopops)

Secara sistematis, pedal akan terhubung dengan sistem gas dan komputer di mobil untuk mengubah kayuhan menjadi energi, semakin cepat pengemudi mengayuh maka semakin cepat mobil berakselerasi.

Terasa melelahkan, Sob? Memang FitCar PPV Prototype 2 ini diciptakan untuk membuat pengemudi monil bisa lebih banyak bergerak untuk membakar kalori.

Tapi tenang, karena mobil ini menyediakan tiga mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan.

FitCar PPV Prototype 2. (carscopops)

Untuk berjalan di tengah kemacetan, pengemudi bisa menggunakan mode ''Drive Slow'' untuk berkendara di jalan tol, terdapat pilihan ''Drive Fast''. Satu mode berkendara yang cukup unik adalah ''No Drive'' yang digunakan ketika parkir, tapi pengendara masih ingin latihan mengendarai.

Karena pedal gas diganti dengan pedal kayuh, maka pedal rem dipindahkan di bagian dekat setir, dan dioperasikan menggunakan tangan.

FitCar PPV Prototype 2. (carscopops)

Mobil ini masih diuji coba di Belanda dan masih menunggu untuk disetujui agar bisa digunakan secara massal.

Penemu inovasi ini, Nasser Al Shawaf mengatakan ''Ide FitCar ini sebetulnya sama dengan mobil konvensional, hanya saja membuatnya menjadi lebi sehat, karena diperkirakan bisa membakar kalori lebih dari 300 kalori per 30 menit.''

Sementara Oscar Brocades Zaalberg, selaku Managing Director BPO menambahkan ''Kami memiliki ambisi untuk mengadopsi teknologi pedal kayuh pada mobil produksi terbaru, agar pengemmudi mobil lebih sehat dan tetap mendapatkan fungsi mobil sepenuhnya.''

Tertarik untuk mencoba FitCar PPV ini, Sob?

BACA SELANJUTNYA

Ban Mobil: Si Mungil Penting Penentu Keselamatan dan Kenyamanan Berkendara