Sabtu, 14 Desember 2019
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Kamis, 20 September 2018 | 17:45 WIB

Mobimoto.com - Penggemar otomotif pasti tidak asing dengan mobil mungil nan tangguh, Suzuki Jimny. Tapi sayang, dalan uji tabrak (crash test) mobil itu membuat kecewa penggemar.

Pesona Suzuki Jimny pernah menyihir penggemar otomotif di Indonesia dalam ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2018 beberapa waktu lalu. Bahkan dianggap sebagai primadona.

Namun, kabar cukup mengecewakan datang untuk penggemar mobil buatan Jepang itu.

Dikutip dari laman topgear.com, dalam putaran terakhir uji tabrak Euro NCAP, Jimny hanya mendapat bintang tiga. Lemahnya fitur keselamatan yang menjadi biang keladi dari penilaian tersebut.

Pada uji offset depan, kompartemen Suzuki Jimny terdistorsi khususnya di bagian pintu. Perlindungan dada untuk pengemudi sangat buruk meski bagian lutut terlindungi.

Suzuki Jimny saat uji tabrak. (EuroNCAP)

Yang tak kalah mengecewakan, sistem pengereman darurat otomatis (AEB) menunjukkan kinerja yang lemah. Jadi hanya berfungsi secara maksimal saat dikemudikan dalam kecepatan rendah.

Suzuki Jimny sendiri merupakan mobil SUV dengan mesin bertenaga 1.300 cc, tenaga maksimal 82 hp dan torsi puncak 110 Nm. Di Indonesia, mobil tersebut dibanderol dengan harga Rp 285 juta.

Selengkapnya, ini dia video uji tabrak Suzuki Jimny.