Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Praba Mustika : Kamis, 12 Juli 2018 | 21:18 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Sekali mengisi bensin mobil atau motor, biasanya berapa nominal yang kamu beli sob? Atau langsung dipenuhin? Baiknya dipikir-pikir lagi deh sob, kalau terbiasa mengisi bensin secara penuh alias full tank.

Dilansir dari daihatsu.co.id ternyata mengisi bahan bakar hingga penuh itu sama berbahayanya dengan mengendarai mobil atau motor dengan tangki bensin yang hampir kosong.

Jadi harus kita ketahui bersama bahwa bahan bakar itu membutuhkan udara supaya tidak mengendap.

Ilustrasi/pxhere.com

Lalu kenapa sih kita harus memberi ruang kosong pada tangki ketika mengisi bahan bakar?

Ternyata bensin yang mengucur dari selang pengisian bisa terhisap kembali lagi ke tangki SPBU lho. Karena mesin pengisian modern punya teknologi yang bisa menghisap uap bensin.

Saat selang mendeteksi bensin yang diisi sudah penuh maka penghisap akan otomatis menyedot kembali uap bensin yang keluar dari lubang pengisian.

Tangki bensin pada kendaraan membutuhkan ruang agar bensin bisa mengembang sob. Itu sebabnya setiap tangki bensin kendaraan bermotor dilengkapi dengan lubang udara.

Skema Pembakaran dalam Mesin/daihatsu.co.id

Fungsinya untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan oleh bahan bakar yang ada di dalam tangki. Kalau kita mengisi bensin secara penuh dan tidak menyisakan ruang maka gas yang timbul akan keluar melalui selang dan membuang bahan bakar secara percuma.

Nah, sudah tahu kan kenapa tidak disarankan untuk mengisi bahan bakar secara penuh? Mulai sekarang bisa dicoba untuk mengisi bensin dengan menyisakan ruang udara ya sob.

BACA SELANJUTNYA

Apa Faktor yang Bikin Harga Mobil Cepat Anjlok?