Kamis, 25 April 2024
Gagah Radhitya Widiaseno : Jum'at, 19 Agustus 2022 | 07:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - System Application and Processing atau dikenal dengan istilah SAP merupakan sebuah software yang secara efektif membantu perusahaan menjalankan operasional bisnisnya dengan integrasi berbagai aspek di dalam satu aplikasi. Tentunya peran software SAP sangat penting untuk kemajuan bisnis.

Sudah bukan rahasia lagi jika di dalam kegiatan bisnis perusahaan terdapat proses operasional yang cukup kompleks sehingga diperlukan sistem yang tepat untuk menanganinya.

Aplikasi SAP sendiri digunakan perusahaan untuk mengolah data bisnis dari berbagai departemen yang ada. Mulai dari departemen HR, sales, keuangan hingga inventory. Dari semua data yang telah diinput maka akan menghasilkan informasi bisnis yang dibutuhkan. Melalui informasi dan data tersebut, perusahan bisa membuat keputusan yang terbaik untuk kegiatan bisnis selanjutnya.

Manfaat dan Fungsi Software SAP bagi Perusahaan

Telah sedikit dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi SAP memiliki peran yang penting dalam mendukung kegiatan serta kemajuan bisnis perusahaan. Hal ini rupanya tidak terlepas dari 3 manfaat utama SAP seperti berikut:

  • Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Manfaat pertama yang akan didapatkan dengan penggunaan aplikasi SAP bagi perusahaan adalah membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan data dan informasi di SAP bisa mendeteksi perubahan di dalam perusahaan.
Ya, berbagai macam perubahan yang ada di perusahaan bisa dengan mudah diketahui secara real-time.

Hal ini tentu saja akan membantu perusahaan dalam membuat keputusan bisnis yang paling efektif sehingga berpengaruh pada peningkatan pertumbuhan bisnis perusahaan.

  • Mengendalikan Operasional Bisnis

Penggunaan software SAP akan membantu dalam mengendalikan sistem operasional bisnis sehingga lebih konsisten dan efektif sesuai SOP yang berlaku. Dengan cara ini maka kesalahan akibat adanya human error bisa diminimalisir dengan baik dan maksimal.

  • Meningkatkan Kualitas Bisnis

Berbagai informasi yang didapatkan dari SAP akan membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas bisnis. Hal ini bisa terjadi karena informasi yang diperoleh bersifat real time sehingga lebih akurat dan terhindar dari resiko kesalahan.

Rekomendasi Software SAP Terbaik 2022

Saat ini sudah tersedia beragam aplikasi SAP yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan pertumbuhan bisnis perusahaan melalui beragam fitur di dalamnya. Untuk mendapatkan layanan yang berkualitas dan maksimal, pastikan hanya menggunakan aplikasi SAP dari Mekari.

Software SAP adalah solusi paling tepat bagi perusahaan untuk terus meningkatkan kemajuan bisnisnya hingga mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Mengapa harus menggunakan aplikasi SAP dari Mekari? Karena dengan aplikasi ini perusahaan akan lebih mudah mengolah data dan informasi bisnis.

Semua data dan informasi bisa diolah dan terintegrasi dengan sistem lainnya secara otomatis sehingga mengurangi resiko human error.
Secara garis besar, aplikasi ini menyediakan berbagai modul yang akan mendukung kegiatan dan operasional bisnis di perusahaan.

Mulai dari modul rekrutmen karyawan, absensi karyawan, sistem payroll, laporan keuangan dan pembukuan, inventory, hubungan dengan konsumen dan lain-lain.

Jenis-Jenis Software SAP Mekari

Untuk mendukung dan memaksimalkan kegiatan bisnis serta efisiensi perusahaan, Mekari telah menyediakan beberapa jenis aplikasi SAP yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis-jenis SAP yang perlu diketahui:

Jurnal by Mekari

Jurnal by Mekari merupakan sebuah aplikasi keuangan SAP yang menyediakan banyak fitur untuk memudahkan pengelolaan keuangan serta inventory bisnis perusahaan. Aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup simpel sehingga mudah untuk digunakan.

Dengan aplikasi ini analisa keuangan di perusahaan jauh lebih cepat dan efisien. Selain itu, untuk pengelolaan inventory serta manajemen invoice juga jauh lebih mudah dan praktis. Itulah mengapa produk Mekari ini menjadi software akuntansi online terbaik di Indonesia.

Manfaat dan Keunggulan Jurnal by Mekari

Sebagai software SAP akuntansi online yang berkualitas dan terpercaya, Jurnal by Mekari sudah digunakan oleh lebih dari 20.000 perusahaan dan bisnis di Indonesia. Aplikasi ini memiliki beragam manfaat dan keunggulan seperti berikut:

Memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan keuangan dan kegiatan akuntansi karena proses pembukuan berjalan secara otomatis.
Terintegrasi dengan sistem pajak, POS serta Payroll sehingga aktivitas akuntansi bisa lebih efektif dan efisien.
Terkoneksi langsung dengan berbagai akun Bank sehingga memungkinkan proses rekonsiliasi bank dengan memanfaatkan fitur cashlink.

Fitur Aplikasi Jurnal by Mekari

Semua manfaat dan keunggulan yang telah dijelaskan di atas tidak terlepas dari beberapa fitur yang telah disematkan pada jenis software SAP ini. Diantaranya adalah seperti berikut:

Fitur Jurnal by MekariKeterangan
Laporan KeuanganMemudahkan dalam menyusun laporan keuangan secara cepat dan akurat.
AkuntansiMembantu meminimalisir resiko human error dalam membuat pembukuan, tingkat akurasi tinggi, dengan proses otomatis yang lebih efisien.
Kas dan TransaksiMembantu memonitor transaksi dan secara otomatis mencocokkan semua data transaksi. Tersedia metode pembayaran lengkap melalui cashlink bank.
Produk dan InventoryMemudahkan pengelolaan stok produk secara real time dengan update stok otomatis. Data penjualan tersistematisasi dan terintegrasi dengan laporan inventory.
Biaya dan AnggaranMembantu perhitungan pembelian alat, biaya tetap dan tak terduga secara otomatis. Memudahkan analisa melalui laporan rencana anggaran serta pengambilan keputusan.
PerpajakanProses perhitungan pajak secara otomatis dan akurat sehingga terhindar dari resiko kesalahan hitung. Hitung dan bayar pajak secara praktis hanya dengan satu klik.
Mobile AppMemantau perkembangan bisnis secara fleksibel kapan saja dimana saja melalui perangkat smartphone. Termasuk laporan keuangan, pembuatan serta pengiriman invoice.

Talenta by Mekari
Jenis software SAP selanjutnya adalah Talenta by Mekari yang akan mengefisiensi proses administrasi HR sehingga lebih mudah dan efektif.

Dengan aplikasi ini perusahaan bisa melakukan pengelolaan secara otomatis melalui sistem komputasi berbasis cloud yang aman.
Melalui penggunaan aplikasi Talenta by Mekari, perusahaan khususnya tim HR bisa melakukan proses administrasi dengan cepat dan akurat. Sehingga akan lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya.

Manfaat dan Keunggulan Talenta by Mekari

Dengan adanya proses administrasi yang telah terotomatisasi pada program SAP HR, maka sudah barang tentu akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Di antaranya adalah seperti berikut:

  • Memudahkan proses serta perhitungan payroll dengan hasil yang lebih akurat sehingga terhindar dari resiko kesalahan.
  •  Laporan yang terkait dengan sistem payroll tersedia setiap saat sehingga akan memudahkan untuk pembuatan perencanaan serta budgeting payroll.
  •  Proses transfer gaji bisa dilakukan secara fleksibel sesuai kebutuhan tanpa adanya biaya administrasi antar bank.

Fitur Talenta by Mekari

Jenis software SAP Talenta by Mekari sudah dilengkapi dengan beragam fitur menarik sehingga mampu memberikan manfaat yang optimal bagi perusahaan. Berikut adalah penjelasannya.


Fitur Talenta by Mekari
Keterangan
Payroll Menyediakan sistem end to end payroll dengan lebih cepat, efisien, aman dan fleksibel.
Attendance Menyediakan sistem absensi yang terintegrasi secara online dan mudah diakses melalui perangkat mobile.
Cloud HIRS Memungkinkan proses HR terintegrasi dalam satu platform sehingga memudahkan pengelolaan karyawan.
Expense Management Mempercepat klaim reimbursement secara otomatis, update status klaim serta aktivitas pengeluaran untuk karyawan.
Performance Management Memudahkan evaluasi terhadap kinerja karyawan secara otomatis dan terintegrasi dengan KPI.
HR Analytics Mengoptimalkan perencanaan bisnis perusahaan berdasarkan informasi yang akurat.
Employee Self ServiceMemudahkan untuk mengakses informasi maupun kebutuhan karyawan melalui perangkat mobile.

Klikpajak by Mekari

Klikpajak by Mekari merupakan salah satu jenis software SAP yang sangat berguna untuk perhitungan serta pembayaran pajak secara cepat, otomatis dan akurat. Aplikasi bisa diakses secara aman dan sudah terintegrasi secara resmi dengan DJP Indonesia.

Manfaat Klikpajak by Mekari

Seperti jenis software lainnya dari Mekari, Klikpajak juga memberikan banyak manfaat bagi perusahaan seperti berikut:

  • Memudahkan dalam menghitung, membayar serta pelaporan pajak secara resmi ke DJP Indonesia.
  • Sistem pembayaran pajak lebih ringkas dan mendapatkan bukti sah dari DJP.
  • Berguna untuk pembuatan ID Billing secara gratis.

Fitur Klikpajak by Mekari

Klikpajak by Mekari dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang akan membuat proses pembayaran pajak semakin mudah dan akurat. Berikut adalah beberapa fitur yang tersedia:

Fitur Klikpajak by Mekari
Keterangan
e-Faktur 
Pembuatan dan pengelolaan dokumen PIB, faktur pajak masukan dan keluaran serta retur secara online.
e-Bupot 
Pengelolaan dan pembuatan e-Bupot secara mudah dengan proses perhitungan pajak otomatis.
e-Filing 
Proses pelaporan SPT Badan Tahunan dan Masa menjadi lebih aman dan cepat.
e-Billing 
Pembuatan dan pembayaran e-Billing untuk memperoleh NTPN resmi DJP.
Arsip Pajak 
Pengarsipan NTTE serta SSP secara lebih rapi, aman dan terpusat.
e-Faktur API 
Proses pelaporan faktur pajak terintegrasi dan terotomatisasi dengan sistem invoice.

Qontak by Mekari

Tidak kalah penting dari jenis software SAP sebelumnya, Qontak by Mekari menawarkan pengelolaan KPI serta pemesanan secara lebih mudah melalui software CRM Omnichannel berbasis cloud yang terbaik.

Manfaat utama dari aplikasi ini adalah memberikan pelayanan secara otomatis kepada pelanggan sehingga bisa meningkatkan potensi penjualan secara maksimal. Sementara untuk fiturnya sendiri cukup lengkap seperti di bawah ini:

Fitur Qontak by MekariKeterangan
Omnichannel CommunicationMemudahkan pengelolaan dan pengiriman chat secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi AI.
Sales CRMMemantau dan melacak tim sales dan KPI secara real time.
Customer Service CRMMengelola pelayanan customer secara end to end untuk efisiensi.
Whatsapp APIMenyediakan sistem blast WA, chatbot, serta multi admin dalam 1 nomor.
ChatbotMenyediakan desain tanpa coding serta kustomisasi chatbot sesuai kebutuhan.
Cloud IP PBXLayanan pelanggan secara optimal melalui call center telephony VOIP, wallboard serta IVR.

Mekari Flex

Mekari Flex adalah jenis software SAP dari Mekari yang akan membantu perusahaan meningkatkan kinerja dan motivasi karyawan melalui paket benefit yang lengkap.

Karyawan bisa mendapatkan gaji lebih awal sehingga diharapkan meningkatkan kesejahteraan finansial. Adapun fitur yang tersedia pada aplikasi Mekari Flex antara lain adalah seperti berikut:

Fitur Mekari FlexKeterangan
Earn Wage AccessMemungkinkan karyawan untuk mendapatkan gajinya lebih awal tanpa bunga dan tanpa membebani perusahaan.
Flexible BenefitsMembantu meningkatkan kepuasan dan produktivitas karyawan dengan beragam pilihan produk serta benefit sesuai kebutuhan.
Flex InstallmentMemberikan akses kepada karyawan untuk mendapatkan dana darurat secara cepat dan praktis sesuai kebutuhan.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa peran software SAP pada kegiatan bisnis dan operasional perusahaan sangatlah penting.

Penggunaan software tersebut mampu meningkatkan efisiensi perusahaan melalui sistem pengolahan data yang sudah terintegrasi secara otomatis.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan software SAP dari Mekari yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan efisiensi bisnis perusahaan. Untuk mendapatkan software ini, Anda bisa langsung mengakses situs resmi Mekari dan memilih produk software yang diinginkan.

BACA SELANJUTNYA

Kenalan dengan Software HR Beserta Manfaatnya, Permudah Kinerja Perusahaan