Sabtu, 01 Oktober 2022
Gagah Radhitya Widiaseno : Rabu, 20 Juli 2022 | 08:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Teknologi berkembang begitu pesat. Hampir semua sektor sudah menggunakan teknologi seperti aktivitas dalam perusahaan, salah satunya pembuatan jadwal piket.

Sebelum hadirnya perkembangan teknologi pembuatan jadwal piket tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan menyusun jadwal kerja ini harus tetap menggunakan pedoman Undang-undang ketenagakerjaan dan harus menginputnya secara manual.

Belum lagi pihak perusahaan harus menyusun pembagian jadwalnya, grup dan rotasi jadwal piket perusahaan.

Namun, permasalahan penyusunan jadwal piket ini bisa cepat penyusunannya jika memakai aplikasi pembuat jadwal piket. Lebih jelas informasi tentang manfaat dan fitur menariknya, ini ulasannya.

Manfaat Aplikasi Pembuat Jadwal Piket

Beralih ke penggunaan aplikasi untuk pembuatan jadwal piket adalah solusi terbaik bagi perusahaan untuk lebih maju dan terdepan. Berikut ini manfaat jika perusahaan Anda memilih aplikasi pembuat jadwal.

1. Mempercepat Penyusunan Jadwal Piket

Manfaat beralih ke aplikasi pembuat jadwal piket bagi perusahaan yang pertama yaitu mempercepat proses penyusunannya. Seperti yang Anda tahu bahwa untuk menyusun jadwal banyak hal yang harus dipertimbangkan, hal ini tentu memakan waktu lama dalam prosesnya.

Belum lagi pihak perusahaan juga harus mengkomunikasikan hal ini dengan masing-masing karyawan. Apalagi jika shift kerja yang dibuat ini banyak tentu perlu proses penyusunan yang membutuhkan banyak waktu. Namun, dengan beralih ke penggunaan aplikasi semua masalah itu menjadi cepat selesai.

2. Mengurangi Kesalahan Komunikasi

Membuat jadwal secara manual di excel sebelum penyusunannya tentu dibutuhkan komunikasi dengan karyawan yang bersangkutan. Hadirnya aplikasi pembuat jadwal piket ini memudahkan dalam segi komunikasi karena bisa dilihat langsung hasilnya oleh karyawan.

Jadi hal ini memudahkan perusahaan dalam mengatasi adanya komplain akibat tidak cocoknya jadwal dengan tenaga kerja tersebut. Penerapan sistem cloud inilah yang membuat komunikasi lebih efisien dan mengurangi kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

3. Mengurangi Kesalahan Penyusunan yang Berdampak di Operasional

Menyusun jadwal piket dengan jumlah tenaga kerja yang banyak tentu ini bisa menimbulkan kekeliruan. Tetapi, dengan aplikasi pembuat jadwal piket ini kesalahan yang berdampak pada keberlangsungan operasional perusahaan dapat dihindari.

Karena jadwal-jadwal yang telah dibuat tersebut bisa secara transparan diakses berdasarkan realtime oleh tenaga kerja dan pembuat jadwal. Ini akan lebih efektif dan efisien untuk mengetahui pekerja berhalangan dan mencari gantinya dengan cepat.

Bisa Anda bayangkan, apabila ada satu bagian tenaga kerja yang mempunyai pengaruh penting di mendadak tidak masuk. Tentu ini menjadi penyebab tidak lancarnya operasional apabila tidak segera dicari penggantinya.

4. Membuat Integrasi Lebih Terarah

Hadirnya teknologi aplikasi pembuat jadwal selain membuat pekerjaan lebih efisien juga mempermudah proses integrasi. Jadwal piket pekerja di perusahaan ini dibutuhkan oleh beberapa divisi lain seperti financial, HRD, dan supervisor.

Jika membuat jadwal secara manual tentu proses integrasi dengan divisi lain tersebut lebih rumit dan tidak efektif. Penggunaan aplikasi pembuat jadwal ini membantu kerumitan integrasi menjadi lebih mudah dalam perusahaan.

5. Memudahkan Proses Pemantauan

Manfaat lain bagi pengguna aplikasi pembuat jadwal piket adalah memudahkan pemantauan. Jika membuat jadwal secara manual tentu proses pemantauan menjadi lebih mudah karena data yang ditampilkan adalah secara real-time.

Selain real-time, penggunaan aplikasi ini akan memberikan notifikasi apabila terjadinya kekurangan set jumlah jam kerja yang disusun. Tidak hanya itu, jika ada tenaga kerja yang tidak bisa masuk juga aka nada notifikasi pemberitahuan.

6. Menaikkan Indeks Kepercayaan dan Loyalitas Pekerja

Perusahaan yang menampilkan jadwal secara transparan tentu juga berdampak terhadap kepercayaan tenaga kerja. Apabila pekerja mempunyai kepercayaan tinggi terhadap perusahaan hal ini juga berpengaruh terhadap loyalitas pekerja.

Informasi yang secara transparan diberikan juga memudahkan perusahaan dalam mengukur kinerja dan mengevaluasinya dengan meminta feedback terhadap karyawannya.

Fungsi Jadwal Piket bagi Karyawan

Sudah tahu manfaat dari penerapan aplikasi pembuat jadwal piket. Pembuatan jadwal piket ini mempunyai fungsi dan peran penting untuk karyawan.

Terlepas dari cara penyusunannya secara manual maupun otomatis melalui aplikasi. Berikut fungsinya yang perlu Anda ketahui.

1. Menjalin Sosialiasi

Jadwal piket pekerja di perusahaan setiap bulannya terdapat pergantian rotasi piket. Hal tersebut bisa membangun sosialisasi yang bagus antar tenaga kerja.
Karena setiap pergantian jadwal piket masuk tentu membuat satu karyawan dengan lainnya menjadi lebih kenal dan saling bersosialisasi.

2. Jadwal Kerja Lebih Dinamis

Jadwal piket yang diberikan perusahaan secara shift berbeda membuat tenaga kerja tidak rentan jenuh. Sistem kerja berdasarkan jadwal piket membuat kondisi lingkungan kerja lebih dinamis. Mengapa demikian? Ini dikarenakan tenaga kerja bisa bertemu dengan tenaga kerja lainnya.

Sehingga suasana kerja setiap shiftnya bisa berbeda tergantung rotasi jadwal yang ditetapkan. Meskipun pekerjaan yang dikerjakan sama tetapi lingkungan dan orang-orang berbeda bisa membuat suasana berbeda pula.

3. Memacu Produktivitas

Dampak pembuatan jadwal piket bagi karyawan ini bisa memacu produktivitas perusahaan. Karena sistem jadwal piket membuat tenaga kerja lebih rileks dalam bekerja. Hal tersebut dikarenakan jadwalnya yang tidak begitu padat dan tingkat jenuh bekerja rendah.

Cara Memilih Aplikasi Pembuat Jadwal Piket Kerja Terpercaya

Mendapatkan aplikasi pembuat jadwal ini memang saat ini tidak sulit. Pasalnya Anda langsung saja browser di google, pasti akan ditampilan hasil jasa penyedia aplikasi tersebut. Namun dalam memilih aplikasi ini tentu Anda juga harus memilih yang terpercaya dan bagus reputasinya.

Sebelum memilih dan menentukannya maka dalam memilih aplikasi pembuat jadwal ini Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti rekam jejaknya. Harga, fitur dan keamanan datanya. Tentu memilih aplikasi dari jasa berkualitas harus Anda lakukan.

Anda juga bisa memilih jasa penyedia aplikasi dengan penawaran data terjamin dan fitur-fiturnya komplit. Selain itu harga yang ditawarkan dan pelayanan yang diberikan juga perlu menjadi pertimbangan Anda saat memilihnya.

Fitur di Aplikasi Pembuat Jadwal Piket

Hadirnya aplikasi pembuat jadwal otomatis ini tentu mempunyai fitur-fitur yang membuat pekerjaan menjadi efisien dan efektif. Berikut beberapa fitur yang bisa Anda temukan di aplikasi pembuat jadwal.

1. Penyimpanan dengan Sistem Cloud

Pertama fitur yang perlu Anda tahu saat memilih penggunaan aplikasi ini yaitu penyimpanannya memakai cloud. Sistem penyimpanan dengan cara ini membuat data-data hanya berada dalam satu pusat dan tentunya keamanannya terjamin.

Karena data perusahaan sifatnya rahasia dan sensitif apabila tersebar. Namun, tenang saja dengan dengan memilih aplikasi terpercaya dengan sistem cloud Anda tidak perlu khawatir tentang keamanannya. Sistem penyimpanan ini juga berfungsi untuk menangani terjadinya kehilangan file.

2. Pengelolaan Jadwal Lebih Akurat

Aplikasi pembuat jadwal piket ini dilengkapi dengan teknologi otomatis yang sudah tersistem sehingga pengelolan jadwal menjadi lebih akurat.

Tidak ada lagi kesalahan input ataupun adanya jadwal yang tidak sesuai dengan aturan berlaku. Jadwal yang disusun akurat tentu memudahkan dalam proses pengawasan dan evaluasi. Menjalin kerja sama dengan divisi lain pun menjadi lebih sederhana dan tidak rumit lagi prosesnya.

3. Kemudahaan Akses Kapanpun dan Dimanapun

Sistemnya yang berbasis cloud sehingga memudahkan akses bagi perusahaan di mana saja dan kapan saja. Data yang ditampilkan pada cloud ini juga berdasarkan real-time sehingga ini menghindari miskomunikasi antara perusahaan dan tenaga kerja.

Mengakses ini bisa lebih mudah dipahami karena tampilannya tidak serumit di secara manual. Bermodalkan ponsel dan jaringan internet saja, Anda sudah bisa mengaksesnya dimanapun dan kapanpun.

4. Terintegrasi dengan Fitur Absensi, dan Pengajuan Cuti

Jika dulu harus mencocokan satu sama lain dengan divisi yang membutuhkan data ini. Saat ini dengan hadirnya aplikasi tersebut memudahkan dalam melakukan integrasi. Apalagi jika aplikasi ini mempunyai fitur integrasi dengan absensi dan pengajuan cuti.

Hal tersebut memudahkan bagian HR dan financial dalam melakukan pembayaran dan pemberian tunjangan. Selain itu melakukan evaluasi dan mengukur kinerja performa tenaga kerja lebih mudah dengan data akurat dan cepat

5. Perekapan Data Administrasi Otomatis

Data administrasi yang berkaitan dengan tenaga kerja memang dibutuhkan untuk pengukuran performa kerja dan pemberian gaji. Dengan adanya aplikasi pembuat jadwal dengan integrasi ini membuat pihak perusahaan tidak perlu menghabiskan waktu untuk merekap secara manual.

Cara Kerja Aplikasi Pembuat Jadwal

Tentu Anda penasaran bukan bagaimana cara kerja aplikasi pembuat jadwal piket ini. Aplikasi ini bekerja dengan menampilkan hasil penyusunan secara realtime dan bisa dimonitor langsung. Hal ini membuat data yang diinputkan lebih akurat dan terjadinya kesalahan bisa diminimalisir seminim mungkin.

Aplikasi pembuat dan pengelola jadwal ini penggunaanya secara online dan sistem penyimpanannya di cloud. Kemudahan dari penggunaan aplikasi ini yaitu dapat terhubung dengan aplikasi lainnya seperti payroll, dan absensi online.

Aplikasi pembuat jadwal piket ini juga dilengkapi dengan notifikasi baik bagi tenaga kerja maupun pihak perusahaan.

Notifikasi pemberitahuan itu bisa memudahkan tenaga kerja dalam mengingat jadwalnya. Selain itu jika tenaga kerja ingin mengajukan pergantian jadwal juga bisa melalui aplikasi tersebut.

Aplikasi Pembuat Jadwal Piket Talenta

Tentu Anda bingung harus mencari aplikasi pembuat jadwal yang tepat. Anda bisa mencoba memakai produk aplikasi pembuat jadwal piket dari Talenta. Aplikasi yang ditawarkan oleh Talenta ini dapat membantu perusahaan dalam membuat jadwal piket dengan akurat dan efisien.

Banyak sekali manfaat yang bisa perusahaan Anda rasakan bila memakai produk aplikasi talenta ini. Keunggulan aplikasi pembuat jadwal ini meliputi bisa dibagikan ke tenaga kerja melalui ponsel. Selain hal itu pengelolaan jadwal bisa otomatis tanpa khawatir tidak akurat hasilnya.

Keunggulan lainnya adalah aplikasi ini lengkap dengan fitur pendukung seperti jam lembur, perubahan jadwal, pengajuan cuti, fitur absensi dan juga pencatat keterlambatan.

Hasil penyusunan jadwal secara otomatis membuat tenaga kerja lebih mudah dalam memahami dan mengatur manajemen waktunya.

Bagi Anda perusahaan besar, pelaku UMKM, ritel dan organisasi yang membutuhkan aplikasi pembuat jadwal piket langsung saja hubungi https://talenta.co

Selain memberikan pelayanan yang baik dan informasi yang jelas, pihak Talenta juga mempunyai program demo trial secara gratis. Jadi jangan sampai Anda melewatkan tawaran baik ini untuk mendapatkan aplikasi pembuat jadwal piket yang handal.

BACA SELANJUTNYA

Kenalan dengan Software SAP, Aplikasi untuk Efisiensi Kegiatan Operasional Perusahaan