Jum'at, 21 Januari 2022
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 05 Desember 2021 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Walau sudah lewat, digelarnya WSBK di Sirkuit Mandalika menjadi penanda adanya beberapa event internasional lain yang digelar, termasuk MotoGP.

Namun jika Anda berminat untuk menonton langsung, sebelum datang ke sirkuit baru tersebut, ada baiknya untuk mengetahui beda MotoGP dan WSBK.

Mengutip laman World Superbike Championship, regulasi MotoGP dan WSBK berbeda. Beberapa di antaranya: MotoGP selalu melakukan latihan bebas. Di sisi lain, WSBK hanya mendapatkan 2 latihan bebas di setiap seri.

Selain itu, hasil FP1, FP2 dan FP3 di MotoGP digunakan untuk menentukan level pembalap dengan kombinasi waktu tercepat yang dicapai dan FP untuk menyesuaikan waktu penyelesaian balapan.

Selama ini, latihan bebas di WSBK dikhususkan sepenuhnya untuk pengujian lintasan. Selain itu, jumlah balapan dan jumlah poin yang diperoleh di setiap seri juga berbeda.

Dalam turnamen World Superbike, pembalap sering mengadakan 2 sesi latihan bebas di hari pertama. Mereka kemudian akan melakukan Sighting Lap untuk menentukan posisi start Race 1 yang berlangsung di hari kedua.

Ekspresi sumringah Jonathan Rea dan tim. (Twitter/@jonathan_rea)

Setelah Sirkuit 1 selesai pada hari ketiga, pembalap akan melanjutkan balapan sprint (Sprint Race), yaitu balapan singkat yang hanya berlangsung selama 10 putaran. Urutan start para pembalap di sesi ini ditentukan oleh hasil lap di Sirkuit 1.

Selama ini, hasil dari Sprint Race akan digunakan sebagai urutan start bagi para pembalap Race 2 yang merupakan puncak dari setiap seri.

Selain itu, pembalap yang finis di 10 besar Sprint Race juga akan mendapatkan poin tambahan yang akan diperhitungkan dalam klasemen kejuaraan.

Untuk Race 1 dan Race 2, masing-masing pemenang akan mengantongi 25 poin. Untuk pemenang Sprint Race, pemenang lomba mendapatkan 12 poin.

Dengan demikian, secara total, setiap pelari bisa mengumpulkan hingga 62 poin di setiap serinya.

Perbedaan lainnya adalah WSBK merupakan ajang balap motor yang diproduksi secara massal. Awalnya, balapan motor ini berlangsung di jalan raya, tetapi baru-baru ini WSBK diadakan di trek khusus, seperti MotoGP.

Meski keduanya merupakan turnamen balap motor paling populer di dunia, namun Kejuaraan Dunia Superbike memiliki banyak perbedaan dengan MotoGP, baik dari segi aturan balapan maupun penilaian dan simulasi mesin seperti yang dijelaskan di atas.

 

Suara.com/Reky Kalumata-Kusuma Alan

BACA SELANJUTNYA

Terlunta-lunta, Begini Sepak Terjang Danilo Petrucci di Reli Dakar