Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 03 Desember 2021 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Sudah bukan rahasia lagi kalau kiprah pabrikan Honda di MotoGP tak bisa dipandang sebelah mata.

Pabrikan sepeda motor asal Jepang ini cukup sukses di ajang ini, baik dahulu maupun selama satu dekade terakhir.

Sungguh mengejutkan bahwa banyak pembalap Honda yang seperti kutukan, banyak dari mereka memutuskan untuk pensiun karena cedera serius. Apakah ada orang di sana?

1. Mick Doohan

Insiden kecelakaan yang melibatkan Mick Doohan. (gpone.com)

Pria Australia ini beberapa kali hampir jadi juara kelas primer pada tahun 1990 hingga 1993.

Namun sayangnya pada tahun 1992, ia mengalami kecelakaan parah di Sirkuit Assen hingga menyebabkan kariernya di ujung tanduk. Beruntung ia berhasil kembali dan meraih trofi pertamanya di tahun 1994.

Ia pun menjadi juara dunia secara beruntun hingga 1998. Sayangnya pembalap tersebut mengalami kecelakaan mengerikan lagi di tahun 1999, membuatnya terpaksa pensiun dini.

2. Dani Pedrosa

Pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa duduk lemas di pinggir trek setelah mengalami kecelakaan di seri Spanyol [AFP]

Pembalap berbakat ini berulang kali tampil apik dan nyaris jadi juara dunia. Namun akibat sering terjatuh, Pedrosa kerap gagal meraih gelar di kelas utama.

Dengan tunggangan yang kian tak kompeititif plus faktor fisik yang tak mendukung akibat akumulasi cedera, ia pun memutuskan untuk pensiun di tahun 2018.

3. Jorge Lorenzo

Insiden Terjatuhnya Jorge Lorenzo yang Melibatkan Maverick Vinales, Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso di MotoGP Catalan. (Instagram/vordciepion)

Sempat jadi lawan alot Valentino Rossi dan Marc Marquez, plus meraih total lima gelar juara dunia, Jorge Lorenzo justru terpaksa mengakhiri gelar secara dramatis.

Sempat angin-anginan saat berlabuh ke Honda dari Ducati, pembalap ini justru malah mengalami cedera parah akibat terjatuh di Assen, 2019.

Ia mengalami cedera tulang punggung dan berpotensi lumpuh jika ia nekat balapan. Pembalap ini pun pensiun akibat insiden tersebut.

4. Marc Marquez

Insiden yang melibatkan Marc Marquez dan Aleix Espargaro di MotoGP Styria 2021 (Twitter/GOLDANGOOSE)

Tampil garang dan meraih delapan gelar juara dunia di kejuaraan dunia balap motor, serta mendominasi kelas primer sejak debut hingga tahun 2019, kakak dari Alex Marquez ini justru tertatih-tatih tahun lalu dan tahun ini.

Cedera lengan kanan usai terjatuh di laga pembuka MotoGP 2020 membuatnya absen satu musim.

Mulai bangkit di musim ini, pria Spanyol tersebut justru mengalami cedera mata saat berlatih di lintasan off-road, membuatnya harus menepi dari lintasan beberapa waktu ini.

Walau kariernya belum tamat, namun momen jatuh-bangun Marc seolah menegaskan adanya 'kutukan' di kalangan rider beken Honda.

BACA SELANJUTNYA

Posisinya Terancam, Ini Dua Pembalap yang Paling Diwaspadai Fabio Quartararo