Minggu, 17 Oktober 2021
Gagah Radhitya Widiaseno : Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:00 WIB

Mobimoto.com - Sirkuit Sentul memang sudah lama menjadi salah satu venue gelaran balap di ajang nasional maupun internasional. Bahkan event sekelas MotoGP pun sudah pernah diselenggarakan di sirkuit yang terletak di Bogor ini.

Namun hal tersebut tidak bertahan lama. Sirkuit Sentul hanya menjadi tuan rumah dalam kurun 1 tahun saja, yakni 1996-1997. Kala itu, mesin motor MotoGP masih memakai spek mesin berkapasitas 500 cc.

Nah kali ini pun, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mewacanakan bahwa Sirkuit Sentul bisa menggelar MotoGP sekaligus F1 di masa depan.

Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, @bambang.soesatyo, ia bersama tokoh senior otomotif seperti Tommy Soeharto, Komjen Pol (P) Budi Waseso, Irjen Pol (P) Mahfud Arifin dan Letjen TNI AM Putranto sepakat mengembangkan kawasan Sentul sebagai Pusat Olahraga dan Mobilitas Otomotif Indonesia..

Mengingat di Sentul sudah terdapat dua sirkuit bertaraf internasional, yakni Sirkuit Internasional Sentul, Sirkuit Internasional Karting Sentul, dan kini sedang dibangun Stage Park Sentul.

"Untuk olahraga, Sirkuit Internasional Sentul bisa menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan balap mobil. Berbagai sarana dan prasarananya juga akan kita upgrade sehingga bisa digunakan menjadi tuan rumah Formula 1 (F1) dan juga MotoGP." tulis ketua MPR RI dalam akun Instagram.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap Sirkuit Sentul bisa menjadi tuan rumah MotoGP dan F1 (Instagram)

"Sedangkan Sirkuit Internasional Karting Sentul, bisa digunakan menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap motor dan gokart. Sementara Stage Park Sentul yang pembangunannya sebentar lagi akan selesai, bisa digunakan untuk balapan sprint rally, speed offroad, adventure offroad, hingga motocross." tambahnya.

"Berbagai sarana dan prasarana akan ditingkatkan, sehingga bisa menjadi tuan rumah Asia Pacific Rally Championship (APRC), FIA World Rally Championship (WRC), hingga kejuaraan dunia motocross MXGP," beber ketua MPR RI ini.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III Bidang Hukum & Keamanan DPR RI ini menjelaskan, untuk mobilitas otomotif, di kawasan ketiga sirkuit tersebut juga bisa dikembangkan menjadi Pusat Industri Modifikasi Otomotif.

Sehingga bisa memberikan nilai tambah karena tidak hanya menjadi kawasan balapan otomotif saja.

"Banyak pelaku usaha modifikasi otomotif yang sedang mencari lokasi strategis. Dari segi akses maupun history. Kawasan Sentul bisa menjadi salah satu jawabannya. Secara lokasi sangat strategis. Secara history, Sentul dan otomotif punya ikatan batin yang kuat," pungkas Bamsoet.

BACA SELANJUTNYA

Jorge Lorenzo Sebut Valentino Rossi Cocok Naik Ducati, Kok Bisa?