Rabu, 17 April 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Selasa, 14 April 2020 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Ditundanya seri perdana MotoGP hingga bulan Juni tahun ini menimbulkan efek domino bagi para pembalap. Penundaan tersebut berdampak pada kontrak di mana kebanyakan kontrak pembalap berakhir di tahun ini.

Bahkan pembalap sekaliber Valentino Rossi juga tak luput dari imbasnya. Belum lagi duo Ducati, Andrea Dovizioso dan juga Danilo Petrucci yang tak kunjung dapat kontrak. Selain mereka, ada siapa lagi?

Valentino Rossi saat melakukan aksi di MotoGP Prancis (MotoGP)

Yang sudah aman

Sejauh ini, pembalap yang nasibnya sudah aman hingga akhir tahun 2021 baru Maverick Vinales yang masih bertahan di tim Monster Yamaha.

Selain Vinales, Fabio Quartararo juga bakal menyusulnya setelah Fabio dapat kontrak di tim yang sama, membuatnya hengkang dari tim Petronas Yamaha akhir tahun ini.

Selain dua pembalap tersebut, ada juga sang juara dunia Marc Marquez dan Tito Rabat yang kursinya aman di 2021.

Duo pembalap tua jadi gamang

Valentino Rossi yang terdepak dari tim Monster Yamaha akhir musim ini dilanda kegamangan. Walaupun tim Petronas Yamaha menyediakan satu slot pembalap, namun belum pasti apakah pembalap berjuluk the Doctor ini bakal tetap balapan atau malah pensiun.

Selain itu, ada juga Cal Crutchlow yang sempat berencana pensiun setelah tahun 2020. Namun dengan adanya penundaan ini, Crutchlow sempat dikabarkan berubah pikiran dan berencana memperpanjang kariernya di LCR Honda.

Pembalap debutan dan para pencari promosi

Pembalap debutan MotoGP tahun ini, seperti Alex Marquez dan Iker Lecuona belum sempat beraksi di atas lintasan akibat penundaan seri MotoGP. Praktis proses adaptasi dari mereka pun juga tertunda.

Hal ini membawa efek di mana pembalap top Moto2 seperti Luca Marini dan Lorenzo Baldassarri hanya punya sedikit peluang untuk promosi lantaran kursi pembalap MotoGP diprediksi bakal dipenuhi oleh pembalap mereka saat ini.

BACA SELANJUTNYA

Aprilia Risau dengan Potensi KTM Musim Depan, Ada Apa?