Sabtu, 20 April 2024
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Jum'at, 11 Oktober 2019 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Bagi penikmat MotoGP 90an mungkin masih ingat dengan MotoGP Brasil yang digelar di sirkuit Nelson Piquet. Saat itu MotoGP Brasil hanya berlangsung selama sembilan musim saja dari 1995 hingga 2004. Tiga tahun lagi, Brasil akan kembali menyelenggarakan MotoGP di sirkuit baru setelah mencapai kesepakatan dengan Dorna.

Dorna, selaku penyelenggara MotoGP, dan Rio Motorsport telah sama-sama menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Pada musim balap 2022, MotoGP akan kembali digelar di Brasil, di sirkuit baru Rio Motor Park. Rio Motor Park sendiri, sebetulnya hasil renovasi dari sirkuit Nelson Piquet.

Melansir dari Speedweek, sirkuit Rio Motor Park akan hadir di kalender MotoGP hingga tahun 2026.

Sebagai informasi, sirkuit Nelson Piquet atau yang juga dikenal dengan Jacarepagua digusur pada 2016 untuk menyelenggarakan ajang Olimpiade Brasil.

Sirkuit Rio Motor Park, Rio de Janeiro, Brasil. (Instagram/motogp)

Sebelumnya, Brasil juga pernah menyelenggarakan gelaran MotoGP di sirkuit Goania pada tahun 1987 sampai dengan 1989.

Pembangunan sirkuit Rio Motor Park rencanannya akan rampung pada 2021. Sirkuit sepanjang 4.5 kilometer itu memiliki total 13 tikungan masing-masing tujuh tikungan kiri dan enam tikungan kanan.

"Dengan bangga, Saya mengumumkan bahwa kejuaraan dunia MotoGP akan kembali ke Rio de Janeiro, di kota yang ikonik ini. Brasil adalah pasar otomotif yang sangat penting, sepeda motor dan olahraga balap dengan sejarah yang membanggakan. Ke depannya MotoGP akan memainkan peran penting saat kembali ke Brasil pada 2022," kata CEO Dorna, Carmelo Ezpelata.

BACA SELANJUTNYA

Virus Corona 'Menyerang' Dua Seri MotoGP 2020, Bos Dorna Bilang Begini