Jum'at, 29 Maret 2024
Angga Roni Priambodo : Minggu, 18 Agustus 2019 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Dalam sepekan ini, banyak peristiwa otomotif meramakan berita di Tanah Air. Paling mengemuka, tentu saja dipetik dari pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Umum DPR-MPR yang menegaskan keinginan kuat bahwa Indonesia memiliki mobil listrik sendiri.  Sementara penandatanganan produk non-emisi ini telah disahkan beliau dalam bentuk Peraturan Presiden No 55 Tahun 2019 tentang percepatan hadirkan kendaraan listrik.

Putusan itu juga telah dituangkan oleh Kepolisian Republik Indonesia, lewat Polisi Daerah (Polda) DKI Jakarta dalam bentuk regulasi tentang definisi, operasional, sampai asal usul mobil listrik, apakah hadir dalam bentuk Completely Built Up (CBU) atau Completely Knocked Down (CKD).

Dan tak kalah seru adalah petualangan bermobil keliling Bhutan yang tak disangka tak dinyana memiliki kebudayaan unik mengangkat  (maaf) Mr P sebagai simbol keselamatan, kesuburan, sekaligus anti gosip.

Berikut adalah rangkuman dari lima berita paling top di kanal otomotif Suara.com dari awal hingga akhir pekan ini (18/8/2019).

1. Sidang MPR, Presiden Joko Widodo Sebut Bahan Baterai dan Mobil Listrik

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menghadiri Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019) [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama].

Hadir mengenakan busana tradisional Sasak dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dalam Sidang Umum Bersama DPR-MPR di Gedung MPR/DPR/DPD RI Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Presiden NKRI Joko Widodo atau Jokowi  menjadikan sektor industri otomotif sebagai salah satu topik.

Dalam pidato kenegaraannya di pembukaan Sidang Umum Bersama DPR-MPR, mantan wali kota Solo serta gubernur DKI Jakarta ini secara khusus menyatakan ketersediaan bahan baku bijih logam.

Baca selengkapnya

2. Kendaraan Listrik Anda CBU atau CKD? Begini Aturan dari Polri

Nissan LEAF. Sebagai ilustrasi mobil listrik [Pixabay]

Agar kendaraan bertenaga listrik yang dimiliki warga Indonesia bisa melintas ruas-ruas jalans seantero negeri kita, Kepolisian Republik Indonesia atau Polri telah menerbitkan ketentuan. Termasuk sisi kelengkapan si kendaraan, lengkap dengan cara pengadaannya, apakah Completely Built-Up (CBU) atau Completely Knocked-Down (CKD).

Apakah hal ini penting?

Baca selengkapnya

3. Miliki Mobil Listrik atau Konvensional, Begini Tarif Parkir Nantinya

Seorang petugas Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta melakukan uji emisi kendaraan dinas saat peluncuran aplikasi e-Uji Emisi di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (13/8/2019). Pemprov DKI Jakarta meluncurkan aplikasi e-Uji Emisi untuk mempermudah masyarakat melakukan uji emisi kendaraan [ANTARA Foto/Adnan Nanda/wpa/nz].

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru saja meluncurkan aplikasi Uji Emisi Elektronik atau e-Uji Emisi yang bisa diunduh oleh smartphone Android. Selain bertujuan mempermudah masyarakat melakukan uji emisi kendaraan, nantinya data pengguna pada aplikasi ini bisa disambungkan dengan berbagai sistem terkait. Mulai potongan harga parkir, sampai tarif parkir, bahkan pajak kendaraan bermotor.

Well, berbincang soal parkir, nantinya kendaraan bermotor hingga bertenaga listrik di Jakarta akan dikenai tarif bervariasi. Begitu dipaparkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (13/8/2019).

Baca selengkapnya

4. Wah, Dua Putra Presiden Joko Widodo Jajal GR Supra dan Mobil Listrik!

Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming berada di TDE untuk menjajal mobil suprcar serta EV atau mobil listrik [Dok Toyota Indonesia].

Putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep kompak menyambangi area Test Drive Experience (TDE) Toyota Indonesia, di Sunter, Jakarta Utara.

Dari keterangan Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, keduanya melakukan test drive beberapa kendaraan Electric Vehicle (EV) seperti Alphard Hybrid dan Camry Hybrid. Selain itu mereka juga berkesempatan mencoba produk baru dari Toyota, yakni GR Supra.

Baca selengkapnya

5. Bermobil Keliling Bhutan, Tersipu Malu Ketemu Mr P Raksasa!

Patung Buddha Dortenma terbesar yang terbuat dari perunggu, di kota Thimphu [Cherie (IG: never_stop_exploriiing, youtu.be/KS9tb5q3x2o)].

Meski bepergian seorang diri ke Bhutan, saya merasa aman. Sekaligus damai dan bahagia, mirip tagline negeri ini: The land of happiness.

Seperti telah saya sebutkan dalam catatan perjalanan sebelumnya, sebagai wisatawan saya mesti membayar visa yang sudah termasuk akomodasi dan transportasi sebesar 200 - 300 dolar Amerika Serikat per hari. Juga harus "dikawal" oleh driver dan pemandu lokal, Rinchen serta Kindey Duba karena sebagai wisatawan tak dibolehkan bepergian sendiri. Alhasil, saya pun merasa tidaklah benar-benar sendirian di negara yang dalam bahasa lokalnya disebut Drukyul itu.

Baca selengkapnya

Suara.com/RR Ukirsari Manggalani.

BACA SELANJUTNYA

Rahasia Merawat Fitur Power Charger Motor Agar Awet dan Aman