Rabu, 24 April 2024
Angga Roni Priambodo : Sabtu, 13 Juli 2019 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74 dan menyambut hari jadi Sukabumi ke-105 pada September 2019 mendatang, Arkadia Digital Media akan menyelenggarakan event olahraga lari gunung.

Acara bertajuk Situgunung Trail Run 2019 ini akan diselenggarakan pada 25 Agustus 2019 di kawasan Situgunung, Taman Nasional Gunung Pangrango, Sukamanis, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.

Event yang bakal menjadi ikon Sukabumi ini rencananya melewati 3 destinasi wisata di Situgunung, yakni Curug Sawer, Jembatan Situgunung dan Danau Situgunung.

Sebelum mengikuti event trail running yang diselenggarakan Arkadia Digital Media, ada baiknya mengetahui lebih dalam manfaat fisik olahraga tersebut.

Pada dasarnya, dilansir dari Core Running, olahraga berlari sangat bermanfaat untuk tubuh, terutama meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular.

Ilustrasi olahraga lari [shutterstock]

Selain itu, lari juga membantu memperkuat otot kaki serta meningkatkan kepadatan tulang kaki dan pinggul.

Tetapi, lari jejak atau trail running ini memiliki manfaat kesehatan tubuh yang lebih banyak lagi dari sekadar lari biasa.

Sebenarnya berlari menuruni bukit justru lebih melatih kekuatan daripada berlari saat mendaki bukit. Berlari menuruni bukit melibatkan otot-otot kaki, terutama paha depan.

Artinya, otot akan memanjang karena berkontraksi. Kontraksi eksentrik inilah yang bermanfaat untuk memperkuat otot daripada kontraksi dari lari biasa.

Olahraga lari. (Shutterstock)

Efeknya, lari jejak memberikan manfaat latihan kekuatan yang lebih baik untuk kaki dibandingkan lari biasa.

Sebab, lari jejak atau trail running ini juga meningkatkan kelincahan dan keseimbangan agar tidak terjatuh di medan yang curam, berbatu dan lainnya.

Olahraga trail running ini akan membuat otot inti kita lebih kencang dan seimbang.  Dengan manfaat yang bejibun seperti itu, anak motor atau pecinta otomotif wajib banget ikutan!

Kalau kamu ingin ikutan event keren nan sehat dari Arkadia Digital Media ini, kamu bisa daftar langsung di www.situgunungtrailrun.com. Langsung klik aja ya!

Suara.com/Shevinna Putti Anggraeni.

BACA SELANJUTNYA

Yang Baru di Ultah Ke-6 Suara.com, Logo yang Makin Kece dan Iklandisini.com