Selasa, 25 Juni 2019
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 17 Mei 2019 | 09:00 WIB

Mobimoto.com - Tidak hanya mengenai pembalap top, pada kelas primer MotoGP terdapat beberapa gelar lain yang diperebutkan selain gelar juara dunia, salah satunya adalah titel pembalap rookie of the year atau pembalap pemula tahun ini.

Pada musim 2019, MotoGP kini mempunyai empat pembalap pemula yang tengah bersaing ketat. Mereka adalah Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia, Joan Mir serta Miguel Oliveira. Bagaimana persaingan keempat pembalap jelang balapan yang bakal digelar di Sirkuit Le Mans Minggu (19/5) nanti?

Perebutan titel pembalap pemula sejauh ini dikuasai oleh pembalap tim satelit Yamaha, Fabio Quartararo. Pembalap yang sempat menyedot perhatian di GP Spanyol sebelumnya menjadi pembalap rookie teratas dengan perolehan 17 poin.

Miguel Oliveira (kiri) dan Francesco Bagnaia merupakan dua dari empat pebalap rookie di MotoGP 2019. [AFP/Tiziana Fabi]

Selanjutnya ada pembalap tim satelit Ducati, Francesco Bagnaia. Pembalap yang musim lalu menjadi juara di Moto2 ini mengoleksi 9 poin, selisih tipis dengan pembalap rookie lainnya. Setelah itu ada nama pembalap Suzuki, Joan Mir yang kini telah mendapat 8 poin disusul oleh Miguel Oliveira. Pembalap tim satelit KTM ini berada di posisi terbawah pembalap pemula dengan perolehan poin yang berselisih tipis, yakni 7.

Kompetisi musim ini masih menyisakan banyak seri membuat segala hal masih bisa terjadi. Apakah pembalap lain bisa berhasil menyusul Quartararo atau pembalap pemula Yamaha inilah yang menjadi kampiun? Menarik untuk disimak.