Kamis, 23 Mei 2019
Angga Roni Priambodo : Sabtu, 11 Mei 2019 | 11:15 WIB

Mobimoto.com - Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc menolak anggapan jika timnya tengah mengalami penurunan performa. Penunggang jet darat asal Monako itu menganggap posisi klasemen Formula One (F1) tak bisa menjadi acuan terkait kondisi Ferrari saat ini.

Ferrari yang tampil apik sepanjang tes pramusim nyatanya tampil melempem dalam empat seri balapan pembuka. Mereka tak sekalipun meraih kemenangan puncak, selain tiga kali menduduki podium ketiga.

Hasil ini tak hanya berimbas kepada posisi klasemen kedua pebalapnya, ebastian Vettel dan Charles Leclerc. Namun, merujuk tabel konstruktor, tim Kuda Jingkrak kini tertinggal 74 poin dari tim Mercedes yang berada di posisi puncak.

Meski mengakui Ferrari kesulitan tampil apik di awal musim, Charles Leclerc tetap percaya jika tim yang baru dibelanya pada musim ini bisa segera bangkit.

Pebalap muda Ferrari, Charles Leclerc (bawah) berada di depan rekan setimnya, Sebastian Vettel, usai start F1 GP China di Sirkuit Shanghai, Minggu (14/4/2019). [AFP/Wang Zhao]

"Saya tidak berpikir jika performa kami sama buruknya dengan apa yang terpampang di klasemen sementara," ujar Charles Leclerc, dilansir dari Crash, Jumat (10/5/2019).

"Kami sejatinya punya kesempatan, (meski) di sisi lain kami memiliki masalah yang pada akhirnya berimbas pada hasil akhir," sambungnya.

Charles Leclerc menyebut performa Ferrari sejatinya tak jauh berbeda kala mendominasi sesi tes pramusim di Sirkuit Barcelona pertengahan Februari 2019. Mereka, kata lajang sahabat mendiang driver F1 tim Marussia, Jules Bianchi ini, hanya harus mengerti lebih jauh soal karakteristik jet darat SF90.

"Saya pikir satu-satunya kelemahan kami saat ini adalah mencoba dan memahami besutan lebih baik lagi. Dan saat kondisi optimal didapatkan, kami harus meletakkannya sebanyak yang kami bisa," tutur Charles Leclerc.

Charles Leclerc sendiri kini berada di posisi kelima klasemen F1 2019 dengan perolehan 47 poin. Pebalap 21 tahun itu tercatat meraih satu kali podium ketiga, dan tiga kali finis di posisi kelima dalam empat seri balapan terakhir.

Suara.com/Arief Apriadi.