Minggu, 18 Agustus 2019
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 10 Mei 2019 | 07:00 WIB

Mobimoto.com - Pada ajang balapan MotoGP, khususnya di jaman modern kita hanya mengenal dominasi tim pabrikan asal Jepang. Entah itu Honda, Yamaha, bahkan Suzuki pada tahun 2000. Namun jauh sebelum itu, ternyata ada tim pabrikan Eropa yang pernah menjadi raja MotoGP. Siapa mereka?

Sudah mulai sejak tahun 1950-an, dalam kejuaraan dunia ini ternyata banyak tim yang kini sudah terdengar asing di telinga. Hal itu ditunjukkan oleh video grafik yang diunggah di media sosial Twitter berikut ini.

Dalam video tersebut, pada awalnya tim yang paling dominan adalah produsen motor dengan nama Norton, namun lambat laun dominasinya digusur oleh tim MV Agusta yang mendominasi  hingga era '80 an hingga akhirnya MV Agusta digantikan Yamaha, lalu Honda dan di situlah dominasi tim Jepang mulai menggurita.

Jadi ternyata di balik rivalitas Honda-Yamaha yang biasa terjadi beberapa musim terakhir, ternyata ada nama yang kini jarang terdengar di kancah kejuaraan dunia tersebut. Dan saat ini tinggal nama Ducati sebagai tim pabrikan Eropa yang konsisten berjibaku di papan atas.