Minggu, 18 Agustus 2019
Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal : Minggu, 05 Mei 2019 | 16:28 WIB

Mobimoto.com - Seri ke empat MotoGP yang akan digelar di Sirkuit Jerez pukul 19.00 WIB nanti diprediksi bakal menarik. Hal ini terjadi karena banyaknya pembalap-pembalap potensial yang 'nyempil' di barisan depan, mencoba peruntungannya untuk berduel dengan nama-nama tenar seperti Marc Marquez dan lain-lain.

Tercatat setidaknya dua pembalap kuda hitam dari Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli bakal memulai balapan dari posisi pertama dan kedua, diikuti nama sang juara dunia 2018, Marc Marquez yang nangkring di posisi ketiga. Kira-kira bagaimana jalannya balapan nanti? Simak prediksinya berikut ini.

Faktor kuda hitam

Cal Crutchlow. (Instagram/@calcrutchlow)

Tercatat setidaknya ada 7 pembalap kuda hitam yang berada di posisi 10 besar hasil kualifikasi GP Jerez. Mereka adalah duo tim satelit Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli di posisi pertama dan kedua.

Selain itu nama Cal Crutchlow selaku pembalap satelit Honda tidak bisa dipandang sebelah mata. Dalam beberapa musim terakhir, rider asal Inggris ini terlihat sering mengganggu duel pembalap top bahkan mencuri podium beberapa kali.

Selain itu, Suzuki yang kian konsisten membuat nama Alex Rins masuk perhitungan dalam peraih podium, mengingat capaiannya beberapa balapan terakhir. Bahkan dirinya sempat memenangi balapan seri ketiga di GP Americas beberapa pekan yang lalu.

The Power of Ducati

Francesco Bagnaia bersama tim barunya, Pramac Ducati. (Twitter/@MotoGP)

Selama sesi kualifikasi kemarin (4/5), terlihat bahwa tiga pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, Francesco Bagnaia dan Danilo Petrucci mendominasi 5 besar pembalap dengan top speed tertinggi. Ditambah dengan desain Sirkuit Jerez yang didominasi oleh lintasan lurus dan tikungan tajam, membuat akselerasi, power dan top speed Ducati bakal menjadi senjata ampuh untuk memenangi balapan di Jerez.

Inkonsistensi Yamaha

Alex Rins dan Valentino Rossi. (Instagram/bunburyktmsuzuki)

Valentino Rossi boleh jadi tercecer di urutan ke 13. Namun skill The Sunday Rider ala Valentino Rossi di tambah Vinales yang mengaku sudah klop dengan motornya tentu membuat 'GP Mania' penasaran dengan perkembangan dua pembalap tersebut malam nanti. Apalagi Vinales sempat meraih Best Lap pada Q1 kemarin.

Marquez melenggang bebas?

Marc Marquez Terjatuh Setelah Mencoba Kembali Ke Lintasan di MotoGP Amerika yang Digelar di COTA. (Twitter/MotoGP)

Dominasi Marc Marquez beberapa musim terakhir, ditambah performanya yang kian moncer membuat dirinya diunggulkan pada GP Jerez kali ini. Apalagi dirinya juga menyandang gelar juara pada sirkuit tersebut musim lalu. Namun, Andrea Dovizioso yang memulai balapan dari posisi keempat tentu bakal membuat jalannya balapan tidak mudah bagi Marquez. Duel seru antara kedua pembalap ini diperkirakan akan terjadi malam nanti.

Dengan banyaknya pembalap untuk 'diamati' sulit untuk memperkirakan siapa yang bakal memenangi balapan tersebut. Namun nama Marquez dan Dovizioso susah dikesampingkan sebagai pembalap paling diunggulkan untuk meraih podium. Kalau menurut kalian, yang bakal menang siapa nih?