Rabu, 24 April 2024
Angga Roni Priambodo : Rabu, 24 April 2019 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Meski sudah memasuki usia kepala empat, namun tak ada keraguan bagi pembalap legendaris asal Italia, Valentino Rossi untuk bersaing dengan pembalap-pembalap yang lebih muda. Contohnya pada seri ketiga MotoGP di Circuit of the Americas (COTA), Texas, Amerika Serikat, 14 April lalu.

Rossi membuat Alex Rins harus ekstra kerja keras menahan 'gempurannya' hingga garis finis, sebelum pembalap muda Suzuki itu menjadi pembalap yang pertama menyentuh garis finis. Kondisi ini membuat Valentino Rossi banyak dikagumi para rivalnya. Salah satunya rider andalan Ducati, Andrea Dovizioso.

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, berada di depan pebalap gaek Yamaha, Valentino Rossi, pada balapan MotoGP AS di Circuit of the Americas (COTA), Texas, Minggu (14/4/2019). [Dok. Suzuki]

Dovizioso menyebut kompatriotnya dari Italia itu pribadi yang cerdas. Rossi, kata Dovizioso, mampu beradaptasi dengan perubahan atmosfer MotoGP yang didominasi pebalap muda.

"Dia telah mengubah mentalitasnya. Dia telah dipaksa untuk melakukannya dan dia cerdas," ujar Dovizioso, dikutip dari Motorsport, Senin (22/4/2019).

"Jika Rossi membalap seperti 10 tahun lalu, maka dia akan menghancurkan diri sendiri. Tapi, dia cerdas. Dia sadar tidak bisa mengalami kekalahan dengan cara yang sama dan dia beradaptasi."

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso (kiri) berbincang dengan kompatriotnya dari Italia, Valentino Rossi (Movistar Yamaha). [AFP/Juan Mabromata]

"Dia sudah 40 tahun dan lihat apa yang dilakukannya. Dua setengah tahun terakhir ini, Rossi mampu mengatasi pebalap tangguh seperti (rekan setimnya di Yamaha, Maverick) Vinales," tukas Dovizioso.

Andrea Dovizioso saat ini memimpin klasemen sementara pebalap MotoGP dengan 54 poin. Dia unggul tiga poin dari Valentino Rossi yang menempati peringkat kedua.

Suara.com/Rizki Nurmansyah.

BACA SELANJUTNYA

Fabio Quartararo: Ducati Punya Motor Kencang tetapi Pembalap Mereka Biasa Saja