Jum'at, 19 April 2024
Angga Roni Priambodo : Jum'at, 29 Maret 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Perhelatan MotoGP Indonesia akan menjadi balapan yang sangat istimewa dan penting bagi masa depan MotoGP. Itu yang dikatakan oleh CEO Dorna Carmelo Ezpeleta beberapa waktu lalu.

MotoGP Indonesia akan digelar di sirkuit jalan raya Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, mulai tahun 2021 mendatang. Perhelatan ini nantinya menandai kembalinya Indonesia sebagai tuan rumah balap motor paling digandrungi di seluruh dunia tersebut.

Terakhir kali Indonesia menggelar ajang MotoGP, yakni pada tahun 1997 di Sirkuit Sentul.

Besarnya pangsa pasar sepeda motor di Indonesia juga menjadi salah satu alasan pihak Dorna—penyelenggara MotoGP—merestui Indonesia menjadi salah satu tuan rumah MotoGP di tahun 2021.

"Setelah tahun 1996 dan 1997 di Sentul, kami telah kehilangan kemungkinan untuk menggelar MotoGP di Indonesia," kata Ezpeleta, dikutip dari Motorsport Week, Selasa (26/3/2019).

Pebalap asal Jepang, Tadayuki Okada (tengah), menjuarai balapan MotoGP 1997 kelas utama 500cc yang diadakan di Sirkuit Sentul, Indonesia, pada 28 September 1997. Diikuti kemudian oleh rekan setimnya dari tim Honda, Mick Doohan (kanan) dan Alex Criville. [AFP]

"Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah sepeda motor terbesar di dunia. Kami tahu bahwa olahraga balap motor, khususnya MotoGP, sangat penting di Indonesia," lanjutnya.

"Menilik hal itu, kami memikirkan banyak kemungkinan untuk kembali menggelar MotoGP di Indonesia. Pada faktanya, bertahun-tahun yang lalu, kami bersama pemerintah Indonesia telah berusaha mewujudkan hal itu."

"Grand Prix Indonesia akan menjadi sesuatu yang sangat spesial. Saya telah mengunjungi Sirkuit Mandalia pada musim panas lalu, dan balapan MotoGP Indonesia akan sangat-sangat istimewa."

"Kami sangat senang dengan kemungkinan kembalinya MotoGP ke Indonesia. Bagi kami ini sangat penting bagi masa depan MotoGP."

"Jika semuanya berjalan baik, balapan MotoGP akan digelar di Indonesia pada 2021 mendatang," tukas Ezpeleta.

Proyek pengembangan pesisir Mandalika, Lombok, NTB yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP Indonesia tahun 2021 mendatang. [AFP/Arsyad Ali]

Sirkuit Mandalika akan menjadi sirkuit jalanan pertama yang digunakan di ajang MotoGP. Meski konsepnya jalan raya, namun pihak pengawas keamanan MotoGP memastikan sirkuit jalanan Mandalika telah memenuhi standar keamanan untuk para pebalap.

Selain menggelar MotoGP, Dorna juga telah menyetujui kontrak selama tiga tahun bagi Indonesia untuk menggelar balap motor terkemuka lainnya, World Superbike (WSBK), di tahun 2021 mendatang.

Suara.com/Rizki Nurmansyah

BACA SELANJUTNYA

Posisinya Terancam, Ini Dua Pembalap yang Paling Diwaspadai Fabio Quartararo