Jum'at, 29 Maret 2024
Angga Roni Priambodo : Sabtu, 23 Maret 2019 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Belum juga resmi menggelar ajang MotoGP dan WSBK, banyak pihak mempertanyakan keamanan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB). Pro kontra muncul setelah pembangunan venue Sirkuit Mandalika diketahui menggunakan konsep sirkuit jalanan. 

Namun, CEO Dorna, penyelenggara MotoG, Carmelo Ezpeleta menegaskan bahwa rancangan Sirkuit Mandalika telah memenuhi standar keamanan untuk para pembalap.

Meski menggunakan tagline sirkuit jalan raya, konsep yang ditawarkan Mandalika akan sangat berbeda dengan sirkuit jalanan Monte Carlo, Monako yang digunakan untuk balapan Formula 1 (F1).

"Kami selalu berkata bahwa MotoGP tak akan digelar di sirkuit jalanan. Tapi, ini (Mandalika) memiliki semua fasilitas sirkuit jalanan—di tengah kota, semua hotel akan ada di sana—tapi dengan keamanan penuh untuk keselamatan pebalap," kata Ezpeleta dilansir Crash, Kamis (21/3).

Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP Indonesia di Mandalika, Lombok, Sabtu (23/3). [AFP/Arsyad Ali]

Managing Director MRK1, Mark Hughes selaku konsultan motorsport yang digandeng Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC)—pengembang MotoGP Mandalika—mengatakan jika publik tak perlu khawatir akan isu keselamatan sirkuit jalanan Mandalika.

Menurut Hughes, pembangunan sirkuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) itu telah dirancang sesuai standar keamanan dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM) yang sesuai dengan gelaran MotoGP.

"Kami harus memperjelas bahwa trek telah dirancang dan akan dibangun dengan standar keamanan FIM yang sesuai untuk MotoGP," tegasnya.

"Desain layout sudah selesai sebelum kami terlibat, dan bersama Roadgrip dan ITDC, kami sedikit memodifikasinya. Dengan dukungan Dorna dan FIM, kami melakukan beberapa perubahan kecil untuk memenuhi tingkat keselamatan lisensi Grade A," jelas Hughes.

Pembangunan Sirkuit Mandalika akan berlangsung pada September 2019 mendatang oleh perusahaan konstruksi asal Prancis, Vinci.

Proses pembangunan sirkuit MotoGP Indonesia dengan lintasan sepanjang 4,32 kilometer itu ditargetkan selesai tahun depan dan akan siap untuk menggelar ajang MotoGP dan WSBK pada tahun 2021 mendatang.

Suara.com/Arief Apriadi.

BACA SELANJUTNYA

Ternyata Pembalap Ini yang Didatangkan Gresini Jika Alex Marquez Enggan Hijrah dari Honda