Jum'at, 26 April 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Kamis, 21 Maret 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Kehadiran Sirkuit Mandalika yang bakal di bangun di Lombok, Nusa Tenggara Barat menjadi buah bibir bagi para pecinta balap di dalam maupun luar negeri. Walaupun banyak masyarakat Tanah Air yang merasa antusias dengan digelarnya MotoGP dan WSBK di sirkuit ini, namun hal tersebut berbeda dengan pendapat orang luar negeri.

Mulai dari media luar negeri, CEO Dorna, dan para pembalap mengemukakan beragam pendapat mereka mengenai sirkuit yang bakal menggelar balap perdananya 2021 nanti. Seperti apa komentar mereka? Berikut rangkumannya.

Mandalika, Calon Sirkuit Jalan Raya (Street Circuit) Untuk Gelar MotoGP. (MotoGP)

1. Sempat dikira wacana

Banyak media luar negeri 'menyoroti' sirkuit ini, begitu juga salah satu media yang setia memberitakan serba-serbi balapan internasional, Crash.

Kutipan berita yang ditulis oleh Crash. (crash.net)

Menurut mereka, Indonesia sering membuat "false dawns" alias wacana mengenai penyelenggaraan balap semenjak negara ini kehilangan statusnya sebagai tuan rumah MotoGP yang digelar terakhir tahun 1997. Hingga akhirnya sirkuit ini menjadi kenyataan.

2. Dianggap berbahaya

MRK1 Consulting bersama dengan RoadGrip Motorsport sempat menyoroti bahaya digelarnya balapan motor di ''street circuit''. Mereka pun bakal memastikan bahwa sirkuit ini aman untuk menggelar balapan.

''Kami akan membuat sangat jelas bahwa lintasan akan didesain dan dibangun dengan standar keamanan FIM untuk MotoGP.'' ujar Mark Hughes, perwakilan dari MRK1 Consulting dikutip dari Crash (21/3).

3. CEO Dorna: Sudah fix!

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta sudah memastikan pembangunan sirkuit akan berjalan dan keamanannya bakal diutamakan.

''Kami selalu mengatakan bahwa kami tidak akan balapan di street circuit, namun sirkuit ini punya semua fasilitas, namun keamanannya bakal maksimal untuk para pembalap.'' ujar Ezpeleta.

4. Para pembalap antusias

Beberapa pembalap antusias terhadap sirkuit ini. Begitu juga dengan Jack Miller dan sang pembalap tuan rumah, Dimas Ekky.

''Saya pikir itu bagus. Dari yang saya pahami dan yang mereka janjikan, itu bakal menjadi balapan yang menarik. Terbaik di kalender balap.'' ujar Miller.

''Akan meneyenangkan untuk saya dan para fans balapan di Indonesia, mereka begitu tergila-gila dengan MotoGP.'' ujar Dimas Ekky Pratama.

BACA SELANJUTNYA

Posisinya Terancam, Ini Dua Pembalap yang Paling Diwaspadai Fabio Quartararo