Sabtu, 20 April 2024
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Selasa, 13 November 2018 | 11:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Warga Indonesia boleh bangga, sebuah sirkuit bakal dipersiapkan yang rencananya akan digunakan untuk ajang balapan bergengsi MotoGP 2021. Tepatnya di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Timur.

Kabar tersebut tentunya menyita perhatian penggemar MotoGP, apalagi Carmelo Ezpelata selaku CEO Dorna Sports telah mengunjungi tempat itu beberapa kali. Tak hanya sendiri, bos MotoGP itu didampingi oleh Abdulbar M.Mansoer selaku Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia (PPPI).

Terpilih jadi sirkuit MotoGP masa depan, ini dia 5 fakta menarik tentang Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB.

1. Bukan pilihan pertama

Kini namanya disebut-sebut, ternyata Sirkuit Mandalika bukan menjadi pilihan pertama untuk menyelenggarakan MotoGP di Indonesia. Sebab sebelumnya, ada nama Sirkuit Jaka Baring, Palembang dan Sirkuit Sentul, Bogor.

2. Luas dan layak

Sirkuit Mandalika nantinya memiliki luas 1.175 hektar dan masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). KEK Mandalika sendiri dibangun selama 29 tahun dan dikelilingi keindahan alam yang mengagumkan.

3. Menggandeng kontaktor Perancis

Marc Marquez yang Berhasil Raih Pole Position di Sirkuit Chang. (Instagram/@marcmarquez93)

Dikutip dari motorsport.com, nantinya pembangunan Sirkuit Mandalika akan dikerjakan oleh VINCI Construction Grands Projects, sebuah perusahaan asal Prancis yang bergerak di bidang Konsensi dan Konstruksi.

4. Biaya fantastis

Bukan proyek sembarangan, pembangunan Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar USD 1 miliar atay sekitar Rp 14,5 triliun.

5. Mirip Sirkuit Monaco

Yang tak kalah menarik, Sirkuit Mandalika akan didesain terbuka mirip dengan sirkuit yang ada di Monaco dan Singapura. Mantap banget kan?

BACA SELANJUTNYA

Masa Hukuman Mau Habis, Andrea Iannone Masih Ingin Kembali Balapan MotoGP