Kamis, 06 Agustus 2020
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Rabu, 10 Oktober 2018 | 23:30 WIB

Mobimoto.com - Selama bertahun-tahun, umbrella girls sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari dunia balap. Mulai dari MotoGP, Formula 1 hingga Nascar, umbrella girls atau sebutan lainnya adalah paddock girls selalu menghiasi, baik di pit maupun di sirkuit.

Umbrella Girls atau Paddock Girls. (PaulTan)

Tren umbrella girls atau paddock girls, diawali pada tahun 1983 oleh sebuah perusahaan krim tabir surya bernama Hawaiia Tropic. Mulanya, mereka membawa rombongan gadis dengan pakaian bikini, di ajang 24 Hours of Le Mans.

Saat ini, kebanyakan umbrella girls merupakan seorang model profesional yang dikontrak oleh agensi, sponsor atau kadang langsung dikontrak oleh tim yang mengikuti balapan.

Kehadiran umbrella girls bertujuan untuk merepresentasikan citra sebuah merek atau sebuah tim yang mengontraknya.

Umbrella Girls atau Paddock Girls. (PaulTan)

Meski terlihat biasa saja karena sudah menjadi tradisi, namun kehadiran umbrella girls di dunia balap tetap menjadi perbincangan hangat bagi yang pro maupun yang kontra.

Bagi kubu yang kontra, isu yang sering terdengar menyebut bahwa umbrella girls, tidak lebih dari sekadar objektifikasi terhadap perempuan.

Sementara itu, beberapa pembalap wanita malah tidak terlalu mempermasalahkan kehadiran umbrella girls.

Umbrella Girls atau Paddock Girls. (PaulTan)

Seperti dilansir dari RideApart, Melissa Paris, seorang pembalap wanita mengatakan ''Mungkin bukan cara yang terbaik, memang, namun tidak bisa dipungkiri kalau cara tersebutlah yang bisa mengundang perhatian,''

''Sejujurnya itu tidak menjadi masalah untukku sendiri, karena jika seorang perempuan mendaftarkan dirinya untuk menjadi seorang umbrella girls, maka itu adalah keinginan pribadinya dan kita hormati pilihannya.'' Tutup Melissa Paris.

Pada akhirnya, sebuah tim balap dan sponsor tidak bisa memungkiri, jika strategi pemasaran yang bisa dilakukan adalah dengan umbrella girls atau paddock girls.

BACA SELANJUTNYA

7 Pembalap yang Apes di Seri Perdana MotoGP, Ada yang Motornya Mogok