Kamis, 28 Maret 2024
Rendy Adrikni Sadikin | Cesar Uji Tawakal : Senin, 08 Oktober 2018 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez berhasil meraih poin penuh pascabalapan GP Thailand yang digelar kemarin (7/10). Dengan kemenangan ini, praktis langkah Marquez untuk mengunci gelar sangat terbuka lebar.

Unggul 77 poin dari pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso dan 99 poin dari Valentino Rossi, membuat sang pemuncak klasemen memiliki 'jarak aman' mengingat musim ini yang hanya tinggal menyisakan 4 balapan lagi.

Secara teknis masih terbuka peluang adanya juara lain selain Marquez. Tapi, peluang untuk Marquez tergelincir sangat tipis. Pembalap asal Spanyol ini bisa mengunci gelar jika di Motegi jika Dovizioso gagal untuk mengalahkan Marquez pada balapan selanjutnya.

Hal ini terjadi lantaran jarak poin yang terlalu jauh sehingga dengan kegagalan pembalap Italia pada balapan akan datang terjadi, maka praktis Marquez akan mengunci titel, kecuali jika skenario ini bakal tejadi.

Andrea Dovizioso. (Instagram/@andreadovizioso)

Marquez gagal finis alias terjatuh, dan Dovi juara di Motegi, Jepang. Praktis jarak poin jadi tinggal 52 poin, dengan tiga balapan tersisa, maka ada 75 poin maskimal yang diperebutkan.

Hal membuat peluang pembalap Ducati ini menjadi lebih besar. Peluang ini makin terbuka jika Dovi mampu menjuarai 3 laga tersisa dan mencegah Marquez untuk mencapai poin lebih dari total 294 poin, poin total yang mampu dicapai Dovi jika berhasil memenangi 4 balapan tersisa.

Itulah skenario yang harus dicegah Marc Marquez jika ingin juara, atau yang harus ditempuh Dovizioso jika ingin meraih titel pertamanya.

Berikut klasemen pasca GP Thailand kemarin.

Klasemen MotoGP setelah balapan di Thailand. (MotoGP.com)

BACA SELANJUTNYA

Fabio Quartararo: Ducati Punya Motor Kencang tetapi Pembalap Mereka Biasa Saja