Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Praba Mustika : Jum'at, 07 September 2018 | 19:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Sopir  truk identik dengan pekerjaan seorang pria, namun pada gelaran Jogjakarta Truck Festival 2018 yang akan diselenggarakan di Jogja Expo Center pada 8-9 September 2018, ada tiga sopir truk wanita yang menyita perhatian, salah satunya adalah Umi Syarifah Firdausi, seorang pengemudi truk wanita asal Jember.

Umi Syarifah Firdausi (paling kanan) Sebelum Pelepasan Parade Truck Cakep Jogjakarta Truck Festival 2018. (Mobimoto.com/Praba Mustika)

Ditemui di Jogja Expo Center setelah Parade Truck Cakep berlangsung, Umi Syarifah Firdausi ternyata punya begitu banyak penggemar, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Umi Syarifah Firdausi, Meladeni Foto Bersama Penggemarnya. (Mobimoto.com/Praba Mustika)

Umi, adalah panggilan akrab wanita dengan delapan orang anak ini. Sudah sejak 2008, Syarifah Firdausi bekerja sebagai seorang sopir truk.

Dengan menggunakan truk Mitsubishi Fuso berwarna biru, Umi, biasanya membawa muatan material di beberapa kabupaten di Jawa Timur seperti, Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso dan Lumajang.

Aksi Umi Syarifah Firdausi, Sopir Truk Wanita di Jogjakarta Truck Festival 2018. (Mobimoto.com/Praba Mustika)

Wanita yang khas dengan gesture tiga jari ini juga mengaku aktif di media sosial seperti Facebook, Instagram bahkan YouTube, Sob.

''Kalau penggemar, sih, kebanyakan tahu karena melihat Umi di televisi dan juga mengikuti kegiatan Umi di media sosial,'' Kata Umi Syarifah Firdausi.

Dirinya mengaku tidak bermasalah dengan stigma sopir truk, apalagi dirinya adalah seorang wanita.

Umi mengatakan ''Umi tidak masalah, sih, dengan stigma sopir truk (sopir truk wanita) Karena tujuan utama Umi adalah mencari rezeki dan juga ingin memberikan motivasi untuk anak muda di Indonesia agar tidak malas-malasan,''

Umi Syarifah Firdausi, Salah Satu Sopir Truk Wanita di Jogjakarta Truck Festival 2018. (Mobimoto.com/Praba Mustika)

Soal truk yang ia modifikasi, ia sepenuhnya menyerahkan kepada karoseri, ia hanya menyampaikan apa keinginannya saja.

''Iya, kalau soal modifikasi, Umi menyerahkan sepenuhnya kepada ahlinya, Umi hanya bilang ini dan itu, nanti mereka yang mengerjakan.'' Pungkas Umi Syarifah.

Ia memiliki harapan bahwa pemerintah bisa menyediakan waktu sekali dalam setahun untuk memberikan apresiasi kepada seluruh sopir truk yang ada di Indonesia.

Tuh, Sob, anak muda gak boleh lagi males-malesan. Malu, lho, sama Umi Syarifah Firdausi, seorang sopir truk wanita ini.

BACA SELANJUTNYA

Truk Menimpa Rumah di Tangerang, Ini Pelampiasan Warga ke Sang Sopir